Thursday, November 28, 2019

Mengobati Radang Usus Dengan Perawatan Rumahan

Mengobati Radang Usus Dengan Perawatan Rumahan


Pernahkah anda mendengar atau bahkan pernah mengalami radang usus ? Secara medis, radang usus merupakan sekelompok kondisi peradangan yang terjadi pada usus besar dan usus kecil. Kondisi radang usus dapat menimbulkan beberapa gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare, dan kehilangan nafsu makan. Radang usus merupakan kondisi peradangan kronis dari seluruh atau sebagian saluran pencernaan. Penyakit ini meliputi dua kondisi utama, yaitu kolitis ulseratif dan penyakit crohn. Kolitis ulseratif merupakan penyakit radang usus yang menyebabkan peradangan kronis dan timbulnya luka borok pada lapisan terdalam usus besar atau kolon. Sedangkan penyakit crohn dapat menyebabkan peradangan pada lapisan seluruh saluran pencernaan mulai dari mulut hingga anus.

Radang usus merupakan penyakit jangka panjang yang gejalanya dapat muncul dan menghilang sewaktu - waktu.


Berikut ini merupakan beberapa gejala umum dari radang usus, yaitu :
  • Timbulnya rasa sakit dan nyeri pada bagian perut
  • Penurunan berat badan
  • Nafsu makan berkurang
  • Diare bercampur darah dan bersifat kambuhan
  • Merasa sangat lelah
  • Mengalami mual dan demam

Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya radang usus, diantaranya adalah menjadi perokok aktif atau pasif dan sedang mengkonsumsi obat - obatan jenis OAINS. Hingga saat ini belum ditemukan obat untuk mengatasi radang usus. 


Tetapi, anda dapat meringankan gejala dan mencegah terjadinya radang usus dengan beberapa jenis pengobatan rumahan sebagai berikut, yaitu :

1. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk usus

Tidak ada pola diet khusus untuk penderita penyakit radang usus. Tetapi, anda harus membiasakan mengkonsumsi makanan - makanan sehat. Hal tersebut bertujuan untuk membantu mengurangi rasa sakit yang anda rasakan ketika berusaha mencerna makanan.


Berikut ini merupakan jenis makanan yang harus anda konsumsi, yaitu :
  • Buah segar seperti pisang, melon, jeruk, atau apel yang ditumbuk halus.
  • Oatmeal.
  • Daging ayam atau unggas tanpa lemak.
  • Ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti salmon.
  • Karbohidrat sederhana seperti nasi putih, pasta, dan sereal bebas gluten.
  • Sayuran segar seperti tomat, bayam, dan wortel.


2. Hindari makanan berlemak dan tinggi serat

Ketika mengalami radang usus, maka anda tidak boleh mengkonsumsi makanan yang justru membuat kerja usus semakin berat. Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita radang usus adalah jenis makanan berlemak atau berminyak serta makanan yang mengandung serat kompleks dan sulit dicerna. Makanan berlemak atau berminyak sangat sulit dicerna oleh penderita radang usus. Anda harus menghindari beberapa jenis makanan berlemak seperti mentega, margarin, saus krim, dan makanan yang digoreng. Selain itu, anda juga harus menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng dan juga hindari makanan - makanan yang memiliki rasa pedas. Serat memang baik untuk pencernaan, tetapi, ketika mengalami radang usus, anda harus menghindari makanan yang mengandung serat kompleks seperti brokoli, kembang kol, biji - bijian dan jagung.


3. Berhenti mengkonsumsi susu

Peradangan yang terjadi pada usus membuat kerja usus menjadi terhambat dalam memproduksi enzim laktase. Enzim laktase sendiri dibutuhkan untuk mencerna gula laktosa yang ada didalam susu. Ketika tubuh anda tidak memiliki enzim laktase dalam jumlah cukup, maka anda akan menjadi lebih rentan mengalami sakit perut, mual dan muntah, hingga diare atau sembelit setelah mengkonsumsi susu. Selain susu, minuman yang mengandung alkohol dan kafein juga dapat memperburuk kondisi radang usus.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search