Thursday, November 28, 2019

Desflurane : Obat Anestesi Untuk Prosedur Operasi

Desflurane : Obat Anestesi Untuk Prosedur Operasi


Sebagian orang mungkin masih asing mendengar kata anestesi. Anestesi sendiri berasal dari bahasa yunani, yaitu an yang berarti tidak dan aesthetos yang memiliki arti kemampuan untuk merasakan. Secara umum, anestesi berarti suatu tindakan yang bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit ketika melakukan prosedur operasi atau pembedahan serta berbagai prosedur lainnya yang dapat menimbulkan rasa sakit pada tubuh.


Obat anestesi memiliki beberapa tipe, diantaranya :
  • Pembiusan total : Hilangnya kesadaran secara total.
  • Pembiusan lokal : Hilangnya rasa pada daerah tertentu yang diinginkan (pada sebagian kecil daerah tubuh)
  • Pembiusan regional : Hilangnya rasa pada bagian yang lebih luas dari tubuh oleh blokade selektif pada jaringan spinal atau syaraf yang berhubungan dengan organ yang dilakukan anestesi.
Salah satu jenis obat yang sering digunakan pada prosedur anestesi atau pembiusan adalah desflurane. Desflurane merupakan obat yang termasuk kedalam kelompok obat anestesi umum. Obat ini digunakan untuk menyebabkan bius total (kehilangan kesadaran) sebelum dan selama operasi. Desflurane merupakan obat jenis inhalasi yang digunakan dengan cara dihirup. Meskipun obat ini dapat digunakan tanpa dibarengi dengan obat lain, tetapi obat ini lebih sering digunakan bersamaan dengan obat lain untuk menghasilkan efek anestesi yang lebih efektif dan efisien. Desflurane merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis desflurane untuk orang dewasa
  • Berikan obat desflurane menggunakan alat vaporizer yang dirancang khusus dan memang ditujukan untuk penggunaan desflurane. Pemberian anestesi harus disesuaikan dengan respon individual pasien. Petunjuk penggunaanya dapat dibaca pada kemasan obat dan hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis professional.


Dosis desflurane untuk anak - anak
  • Desflurane adalah obat suprane yang tidak dianjurkan untuk induksi anestesi pada pasien anak karena tingginya insiden sedang hingga berat pada saluran napas bagian atas. Setelah induksi anestesi dengan agen selain suprane dan intubasi trakea, suprane diindikasikan sebagai pemeliharaan anestesi pada bayi dan anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat desflurane juga dapat menimbulkan beberapa efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping dari penggunaan obat desflurane. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan desflurane, yaitu :
  • Batuk
  • Mual dan muntah
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Iritasi atau mata merah
  • Gugup dan gelisah
  • Sakit tenggorokan



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search