Thursday, November 28, 2019

Daunorubicin : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Leukemia

Daunorubicin : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Leukemia


Pernahkah anda mendengar atau mengetahui apa itu penyakit leukemia ? Mungkin ada beberapa orang yang sudah mengetahui penyakit leukemia tetapi ada pula yang belum mengetahuinya. Leukemia termasuk kedalam jenis kanker darah. Penyakit ini terjadi ketika sel darah putih berproduksi secara abnormal sehingga kemampuan tubuh dalam melawan infeksi menjadi menurun dan juga merusak kemampuan sumsum tulang belakang dalam memproduksi sel darah merah. Ketika seseorang mengidap penyakit leukemia, sumsum tulang belakang orang tersebut tidak mampu memproduksi sel - sel darah merah dan trombosit yang cukup untuk memasok kebutuhan tubuh. Hal ini membuat seorang pengidap leukemia menjadi mudah lelah, kehilangan berat badan, demam, dan mengalami infeksi berkali - kali. Selain itu, gejala juga bisa berupa buruknya proses pembekuan darah sehingga seorang pengidap leukemia menjadi mudah memar atau berdarah.

Penyakit leukemia dapat diatasi dengan metode terapi dengan obat - obatan atau yang kita kenal dengan metode kemoterapi. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi penyakit leukemia adalah daunorubicin. Daunorubicin adalah salah satu obat kanker yang sering digunakan untuk mengobati penyakit leukemia dan berbagai penyakit kanker lainnya. Daunorubicin termasuk kedalam kelas obat anthraacyclines. Obat ini bekerja dengan cara memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel - sel kanker. Daunorubicin diberikan melalui suntikan kedalam pembuluh darah oleh seorang ahli kesehatan. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan yang dilakukan. Daunorubicin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis daunorubicin untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk leukemia akut : 45 mg/m2/hari diberikan melalui intravena sebanyak 2 sampai 5 menit sekali pada hari pertama, kedua, dan ketiga untuk penggunaan pertama.


Dosis daunorubicin untuk anak - anak
  • Dosis anak - anak untuk leukemia akut : 30 - 60 mg/m2/hari yang dilakukan melalui intravena pada siklus hari pertama sampai hari ketiga. Atau 20 mg/m2/hari selama 4 hari setiap 14 hari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, daunorubicin juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat menggunakan obat daunorubicin. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat daunorubicin yaitu :
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Sembelit
  • Nafsu makan menurun
  • Rambut rontok




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search