Thursday, November 28, 2019

Mengenal Jenis Penyakit Hati Turunan

Mengenal Jenis Penyakit Hati Turunan


Hal apa yang tergambar di fikiran anda ketika anda mendengar tentang penyakit hati ? Sebagai orang Indonesia, pasti yang ada didalam fikiran kita tentang penyakit hati itu seperti iri, dengki, munafik, dan sebagainya. Pernyataan itu memang tidak sepenuhnya salah, jika kita melihatnya dari sudut pandang spiritual. Tetapi, jika kita memandang dari sudut pandang medis, yang dimaksud dengan penyakit hati adalah gangguan yang terjadi pada fungsi maupun fisiologis organ hati manusia. Hati atau liver berada dibawah tulang rusuk di sisi kanan perut anda. Hati atau yang sering disebut juga dengan liver merupakan organ tubuh yang berukuran seperti bola yang bekerja paling keras didalam tubuh. Organ ini berfungsi untuk mencerna makanan, menyingkirkan racun yang ada didalam tubuh, serta menyimpan cadangan energi didalam tubuh untuk digunakan ketika diperlukan.

Penyakit hati dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi, gangguan sistem kekebalan tubuh, genetika atau faktor keturunan, dan gaya hidup. Pada kesempatan kali, pembahasan kita hanya akan berfokus pada penyakit hati yang disebabkan oleh faktor genetika atau keturunan. Terdapat dua jenis penyakit hati turunan yang perlu anda ketahui, yaitu hemokromatosis dan alpha- 1 antitrypsin. 


Berikut ini merupakan penjelasan dari penyakit hemokromatosis dan alpha- 1 antitrypsin, yaitu :

1. Hemokromatosis

Hemokromatosis merupakan salah satu jenis penyakit hati yang terjadi ketika terjadi penumpukan zat besi didalam hati dan beberapa organ tubuh lainnya. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit hati turunan yang paling sering terjadi. Penyakit ini tejadi pada 1 dari 200 orang di dunia. Ketika ada salah satu anggota keluarga anda yang mengidap kondisi ini, maka anggota keluarga lainnya bahkan diri anda sendiripun berisiko mengidap penyakit ini. Gejala dari penyakit hemokromatosis meliputi :
  • Nyeri sendi
  • Kelelahan
  • Penurunan berat badan tanpa sebab
  • Penggelapan kulit
  • Sakit perut
  • Kehilangan gairah seksual

Seorang penderita hemokromatosis biasanya juga memiliki tanda - tanda dari penyakit diabetes dan penyakit jantung serta dapat berkembang menjadi kanker hati, sirosis, atrofi testis, dan infertilitas. Jika anda telah didiagnosis oleh tim dokter dan positif menderita hemokromatosis, maka anda akan disarankan untuk menjalani beberapa metode pengobatan. Tujuan dari pengobatan yang dilakukan adalah untuk menghilangkan kelebihan zat besi dari tubuh anda. Kelebihan zat besi yang ada didalam tubuh dapat dihilangkan dengan melakukan prosedur phlebotomy. Selama melakukan prosedur phlebotomy, sebanyak satu setengah liter darah dikeluarkan dari tubuh anda setiap minggu untuk jangka waktu dua hingga tiga tahun sampai penumpukan besi berkurang.


2. Alpha- 1 antitrypsin

alpha- 1 antitrypsin merupakan protein yang bertugas melindungi paru - paru dari kerusakan akibat enzim alami tubuh. Pada jenis penyakit hati alpha- 1 antitrypsin, protein hati tersebut berada pada tingkat terendah dari jumlah normal dalam darah. Orang yang mengalami penyakit alpha- 1 antitrypsin sebenarnya mampu memprodeksi protein ini, tetapi penyakit ini mencegahnya memasuki aliran darah dan akhirnya terakumulasi didalam hati. Berikut ini merupakan beberapa gejala dari penyakit hati alpha- 1 antitrypsin, yaitu :
  • Kelelahan
  • Batuk kronis
  • Pembengkakan pergelangan kaki
  • Penyakit kuning
  • Terdapat cairan di perut


Hingga saat ini belum ditemukan metode penyembuhan yang  pasti untuk mengatasi penyakit alpha- 1 antitrypsin, tetapi mengganti protein dalam aliran darah dapat memperbaiki kondisi anda. Namun, para ahli tidak mengetahui dengan jelas seberapa efektif teknik ini dan siapa saja yang diperbolehkan menerima metode ini. Alternatif lain untuk mengobati penyakit alpha- 1 antitrypsin melibatkan pengobatan terhadap komplikasi seperti emfisema dan sirosis. Dengan perawatan yang tepat, penyakit alpha- 1 antitrypsin sebenarnya tidak fatal. Namun, komplikasi yang terjadi akibat penyakit inilah yang biasanya berbahaya.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search