Thursday, November 28, 2019

Tips Memulihkan Lutut Setelah Operasi

Tips Memulihkan Lutut Setelah Operasi


Lutut merupakan salah satu persendian yang ada dibagian kaki yang bertugas menghubungkan bagian paha dan bagian betis. Sendi lutut berperan sangat penting karena berfungsi sebagai penopang tubuh dari tubuh bagian atas hingga paha. Karena sendi lutut menanggung beban tubuh yang cukup berat, maka sendi ini pun sering mengalami masalah atau gangguan. Salah satu jenis gangguan kesehatan yang sering terjadi pada sendi lutut adalah penyakit arthritis. Arthritis sendiri merupakan kondisi peradangan atau kerusakan yang terjadi pada satu atau lebih persendian. Jenis paling umum dari arthritis adalah osteoarthritis yang membuat sendi secara bertahap menjadi aus dan robek. Penyakit arthritis dapat membuat tulang rawan menjadi aus, sehingga tulang yang ada dibawahnya menjadi rusak dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Salah satu cara yang dapat dilakukan ketika lutut telah rusak akibat penyakit arthritis adalah perosedur operasi penggantian lutut. Operasi penggantian lutut biasanya memakan waktu satu jam hingga 90 menit. Lalu, setelah menyelesaikan prosedur operasi, anda akan memasuki proses pemulihan. Hal ini dikarenakan, setelah menjalani operasi penggantian lutut, biasanya otot kaki akan melemah. Oleh karena itu diperlukan upaya pemulihan untuk menguatkan kembali otot kaki yang lemah tadi. Dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan fisioterapi untuk meningkatkan fungsi otot kaki anda.

Agar pemulihan setelah operasi dapat berjalan secara optimal, anda perlu menjalankan beberapa tips berikut ini, yaitu :

1. Melakukan terapi rutin

Setelah selesai menjalankan operasi, anda biasanya akan mendapatkan jadwal terapi rutin dari dokter maupun terapis. Mungkin anda akan rajin menikuti terapi pada 1 bulan pertama, tetapi rasa malas akan mulai muncul pada bulan berikutnya. Ketika rasa malas itu datang, anda harus melawannya. Lakukan terapi sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Terapis juga biasanya memberikan info tentang cara mengatasi penmbengkakan yang mungkin terjadi pada lutut anda. Mereka juga akan selalu melakukan pendampingan hingga pasien menyelesaikan masa pengobatannya.

2. Mengkonsumsi makanan sehat

Setelah menjalani operasi biasanya nafsu makan agak berkurang. Sedangkan, anda harus mencukupi kebutuhan gizi anda untuk mempercepat proses pemulihan. Oleh karena itu anda disarankan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat dan bergizi tinggi terutama makanan yang mengandung zat besi seperti daging, telur, brokoli, maupun tahu. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh setelah operasi. Karena ketika menjalani operasi, tubuh banyak kehilangan zat besi. Zat besi mampu memicu produksi hemoglobin, sehingga produksi sel darah merah dapat mengedarkan oksigen dari paru - paru ke seluruh tubuh dan membuat penyembuhan pasca operasi menjadi lebih optimal.

3. Lakukan olahraga ringan


Selama masa pemulihan, aktivitas fisik anda tentunya tidak sesering sebelum operasi. Lalu, ketika dokter anda sudah memperkenankan anda untuk melakukan aktivitas fisik, jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan untuk memperkuat otot lutut anda. Anda biasa melakukan olahraga bersepeda, jalan - jalan santai, dan berbagai aktivitas ringan lainnya. Tetapi, untuk sementara anda tidak boleh melakukan olahraga yang melakukan penekanan pada kaki seperti bermain sepak bola, bola basket, lari, dan sebagainya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search