Thursday, November 28, 2019

Ketahui Dampak Buruk Bagi Tubuh Jika Tidak Pernah Mengkonsumsi Daging

Ketahui Dampak Buruk Bagi Tubuh Jika Tidak Pernah Mengkonsumsi Daging


Daging merupakan salah satu jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Banyak sekali makanan lezat yang berbahan dasar daging seperti sate, soto betawi, gulai kambing, dan sebagainya. Daging juga merupakan salah satu sumber protein yang sangat penting bagi tubuh. Protein sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, sebagai sumber energi, memperbaiki jaringan otot yang rusak, serta bermanfaat untuk proses pembentukan hormon dan enzim yang ada didalam tubuh. Tetapi, ternyata ada sebagian orang yang tidak pernah dan tidak mau mengkonsumsi daging dalam hidupnya. Orang - orang tersebut lebih kita kenal dengan sebutan vegetarian. Vegetarian sendiri merupakan gaya hidup yang menolak atau berpantang untuk mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti daging, unggas, dan ikan.

Seorang vegetarian biasanya menjalani pola makan hanya dengan mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh - tumbuhan saja, seperti gandum, kacang polong, biji - bijian, jamur, buah - buahan, dan sayur - sayuran. Meskipun mereka menolak untuk mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan, tetapi biasanya mereka masih mau mengkonsumsi beberapa produk olahan yang berasal dari hewan seperti susu, yoghurt, dan keju.


Vegetarian sendiri terbagi menjadi 4 kelompok besar, yaitu :
  • Lacto - ovo vegetarian : Vegetarian jenis ini tidak mengkonsumsi daging, tetapi masih mau mengkonsumsi produk susu dan telur.
  • Lacto vegetarian : Vegetarina jenis ini tidak mengkonsumsi daging dan telur, tetapi masih mau mengkonsumsi produk susu.
  • Ovo vegetarian : Vegetarian jenis ini tidak mengkonsumsi daging dan susu, tetapi masih mau mengkonsumsi telur.
  • Vegan : Vegetarian jenis ini merupakan vegetarian yang benar - benar tidak mau mengkonsumsi produk yang berasal dari hewan sama sekali dan hanya mengkonsumsi produk yang berasal dari tumbuh - tumbuhan saja.

Menjalani diet vegetarian sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh. Pola makan ini bahkan dapat menurunkan risiko sejumlah penyakit. Tetapi, ada beberapa kandungan nutrisi yang hanya terdapat pada daging, diantaranya vitamin B12, kreatinin, karnosin, taurin, dan zat besi. Meskipun beberapa produk nabati dapat menggantikannya, namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda.


Berikut ni merupakan beberapa dampak buruk jika anda sama sekali tidak mengkonsumsi daging, yaitu :

1. Kekurangan protein

Sebenarnya, protein juga bisa didapatkan dari makanan yang berasal dari tumbuh - tumbuhan seperti kacang - kacangan, biji - bijian, dan jamur. Tetapi, anda harus mengkonsumsinya dengan jumlah yang tepat agar tidak mengalami kekurangan protein. Protein yang terkandung didalam produk makanan nabati, umumnya hanya sedikit. Sehingga, untuk mencukupi kebutuhan protein, anda harus mengkonsumsi produk makanan nabati dalam jumlah yang sangat banyak. Tetapi, jika anda tidak dapat mencukupi kebutuhan protein harian anda, anda harus bersiap - siap mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti kelemahan otot, tekanan darah dan detak jantung menurun, anemia, gangguan pada hati, serta gangguan penyerapan vitamin dan mineral.

2. Rambut rontok

Selain kekurangan protein, seorang vegetarian juga rentan mengalami kondisi kekurangan zat besi, vitamin B, dan zinc. Padahal semua mineral tersebut sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Kekurangan asupan zat besi, vitamin B, dan zinc juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kerontokan rambut. Meskipun zat besi bisa diperoleh dari sayur - sayuran, tetapi sifat zat besinya sulit untuk dicerna tubuh dibandingkan dengan zat besi yang bersumber dari daging.

3. Kekurangan energi


Energi biasanya bersumber dari asupan protein dan lemak. Dengan mengkonsumsi daging, maka anda akan mendapatkan tambahan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas fisik sehari - hari. Selain itu, anda juga menjadi mudah kenyang setelah mengkonsumsi daging. Sebaliknya, sayuran hanya memiliki kandungan energi yang sedikit, sehingga tidak mencukupi kebutuhan energi sehari - hari.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search