Thursday, November 28, 2019

Decolgen : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Gejala Flu

Decolgen : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Gejala Flu

Banyak sekali obat yang beredar di masyarakat, mulai dari obat yang bisa dibeli dengan bebas di warung - warung, maupun obat yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter yang dijual di apotek. Secara ilmiah, obat merupakan suatu benda atau zat yang digunakan untuk mengatasi penyakit, meredakan atau menghilangkan gejala, serta untuk mengubah proses kimia yang ada didalam tubuh. Obat yang beredar dipasaran  sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu obat bebas dan obat bebas terbatas. Obat bebas merupakan obat yang bisa dibeli di apotek maupun di warung - warung tanpa menggunakan resep dokter. Sedangkan obat bebas terbatas merupakan obat yang dalam jumlah tertentu masih bisa anda beli di apotek tanpa menggunakan resep dokter. Lalu, ada pula golongan obat keras yang hanya bisa diperoleh dengan resep dokter dan anda hanya bisa memperoleh obat ini di apotek saja.

Salah satu jenis obat yang dijual secara bebas dipasaran adalah decolgen. Decolgen merupakan obat yang digunakan untuk mengobati gejala flu seperti sakit kepala, demam, pilek, hidung tersumbat, mata berair, dan bersin - bersin.


Decolgen sendiri memiliki tiga komponen utama, yaitu :

  • Paracetamol 400 mg yang berfungsi untuk mengobati rasa sakit ringan sampai sedang dan juga dapat digunakan untuk meredakan demam.
  • Phenypropanolamine HCL 12,5 mg yang berfungsi untuk menyusutkan pembuluh darah vena dan arteri sehingga dapat digunakan untuk mengobati hidung tersumbat yang disebabkan alergi, demam, iritasi sinus, dan flu biasa.
  • Chlorpheniramine maleate yang berfungsi untuk menghalangi histamine yang dapat menimbulkan berbagai gejala alergi.

Decolgen tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul serta digunakan 4 sampai 6 jam atau sesuai kebutuhan. Jangan mengkonsumsi obat ini lebih sering dari petunjuk dosis yang tertera pada kemasan karena dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Jika muncul gejala disertai demam tinggi, atau jika kondisi tidak membaik dalam jangka waktu 3 hari, segera hubungi dokter anda. Selalu ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan obat dengan hati - hati. Jangan ragu untuk bertanya pada dokter atau apoteker anda jika ada bagian yang tidak anda mengerti. Decolgen merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab seperti di kamar mandi.


Dosis decolgen untuk orang dewasa
  • 1 tablet sekali minum 3 - 4 kali sehari atau sesuai kebutuhan.


Dosis decolgen untuk anak - anak
  • Anak - anak yang berusia 6 - 12 tahun ½ tablet sekali minum 3 - 4 kali sehari atau sesuai kebutuhan.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, decolgen juga memiliki efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat merasakan atau mengalami efek samping akibat penggunaan obat decolgen. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat decolgen, yaitu :
  • Mengantuk
  • Gangguan perncernaan
  • Penurunan nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Pusing
  • Jantung berdebar - debar dan berdetak cepat




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search