Thursday, November 28, 2019

Ketahui Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan


Kita pasti sudah sangat mengenal minuman yang satu ini. Jamu beras kencur merupakan minuman kesehatan yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Minuman ini termasuk jenis minuman tradisional yang berasal dari pulau jawa. Beras kencur digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat untuk meningkatkan nafsu makan. Bahan utama dari beras kencur adalah beras dan rimpang kencur. Kombinasi beras dan kecur yang banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung untuk memberikan rasa lapar. Selain itu, jka dikonsumsi secara rutin jamu beras kencur juga dapat mempertebal dinding perut untuk menyembuhkan penyakit maag. Jamu beras kencur secara tradisional dijual dalam bentuk cairan segar yang dipasar melalui tukang jamu keliling, di pasar - pasar, hingga ke minimarket. Bahkan, industri jamu sekarang sedang mengembangkan jamu beras kencur dalam bentuk bubuk dan penggunaannya dengan cara diseduh terlebih dahulu.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat jamu beras kencur yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Mempertahankan kadar gula darah

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh departemen farmasi universitas tanjungpura, menjelaskan bahwa beras kencur diketahui dapat menurunkan kadar glukosa darah dan mempertahankannya supaya tetap dalam kadar normal. Hasil penelitian ini tentunya menjadi angin segar bagi para penderita diabetes yang mengalami kesulitan dalam mengendalikan kadar gula darahnya.

2. Meredakan diare

Beras kencur juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diare alami. Menurut penelitian yang dimuat dalam journal of pharmacy and pharmaceutical sciences menemukan fakta bahwa rimpang kencur diketahui dapat membantu meredakan gejala diare berkat kandungan zat sitotoksik dan sifat antibakterinya yang melimpah.

3. Meredakan batuk berdahak

Khasiat lain dari jamu beras kencur adalah dapat meredakan batuk berdahak. Ramuan tradisional ini sudah lama dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi diare dan batuk berdahak.



Cara membuat jamu beras kencur di rumah

Dulu, untuk mengkonsumsi jamu beras kencur, anda harus menunggu penjual jamu keliling melintasi rumah anda. Tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, anda sudah tidak perlu lagi melakukan hal tersebut karena jamu beras kencur kini telah tersedia di toko - toko, mulai dari bentuk pil, serbuk seduhan, hingga cairan yang dapat diminum langsung. Anda juga dapat membuatnya dirumah, berikut ini merupakan resep dan cara pembuatan jamu beras kencur dirumah, yaitu :

Bahan - bahan yang dibutuhkan :
  • 200 gram beras putih
  • 1 buah kencur ukuran sedang
  • 1 buah jahe berukuran sedang
  • 1 sendok makan asam jawa
  • 300 gram gula jawa
  • 2 lembar daun pandan
  • Air matang secukupnya

Cara membuat :
  1. Cuci beras hingga bersih, kemudian rendam selama 3 jam.
  2. Rebus air matang bersama kencur, jahe, asam jawa, daun pandan, dan gula jawa. Aduk rata dan masak hingga semua bahan tersebut matang dan mendidih.
  3. Setelah agak dingin, saring air rebusan tersebut.
  4. Blender atau tumbuk ampas dari kencur, kunyit, jahe, dan asam jawa yang sebelumnya direbus bersama dengan rendaman beras putih hingga halus.
  5. Saring dan peras hasil tumbukan tersebut hingga keluar airnya. Peraslah sampai benar - benar kering.
  6. Beras kencur siap dihidangkan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search