Thursday, November 28, 2019

Ketahui Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Ketahui Penyebab Kulit Wajah Mengelupas


Mengelupasnya kulit wajah mungkin menjadi hal yang cukup menjengkelkan karena dapat merusak penampilan. Orang yang mengalami pengelupasan kulit wajah akan terlihat lebih tua serta kulit wajahnya menjadi rentan mengalami berbagai infeksi dan gangguan kulit. Sebenarnya, pengelupasan kulit wajah merupakan hal yang wajar terjadi. Hal ini karena pengelupasan kulit wajah merupakan suatu proses alami tubuh untuk menghilangkan atau membuang sel - sel kulit yang mati. Kondisi kulit wajah yang mengelupas selain disebabkan karena faktor alami tubuh, juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lain, diantaranya alergi, kulit kering, terbakar matahari, dermatitis atopik serta efek samping dari penggunaan obat - obatan.


Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab kulit wajah yang mengelupas, yaitu :

1. Kulit wajah kering

Salah satu penyebab utama yang membuat kulit wajah mengelupas adalah kulit wajah yang kering. Jika anda mengalami kulit kering, sel - sel kulit anda tidak dapat menempel satu sama lain dan mulai mengelupas. Kurangnya tingkat kelembaban pada wajah juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut, yaitu :
  • Iklim kering
  • Cuaca terlalu dingin
  • Produk perawatan kulit yang justru mengiritasi kulit
  • Senyawa klorin di kolam renang

2. Terbakar matahari

Matahari juga bisa menjadi penyebab kulit kering di wajah anda. Kondisi terbakarnya kulit akibat sinar matahari ini disebut dengan sunburn. Lebih lengkapnya, sunburn merupakan kondisi ketika kulit terbakar matahari karena mendapatkan paparan sinar matahari yang terlalu banyak. Akibatnya, sinar UV membunuh sel - sel kulit dan sel - sel kulit yang sudah matipun turut dihilangkan, sehingga membuat kulit wajah anda mengelupas dan diganti dengan sel kulit yang baru. Pada beberapa kasus, kulit wajah yang terbakar matahari akan melepuh terlebih dahulu sebelum mengelupas untuk menghilangkan sel-  sel kulit yang mati.

3. Menggunakan obat - obatan tertentu

Salah satu penyebab dari mengelupasnya kulit wajah adalah karena penggunaan obat perawatan kulit tertentu khususnya produk penghilang jerawat. Hal ini Karena produk produk penghilang jerawat dan kerutan umumnya berisiko dapat menyebabkan kulit wajah mengelupas. Jika hal ini terjadi, segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter anda.

Jika anda mengalami kulit wajah mengelupas, anda tidak perlu panik, karena anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya, yaitu :

4. Mengkonsumsi cukup cairan

Salah satu penyebab kulit wajah mengelupas adalah karena kulit mengalami kekeringan akibat kurangnya kelembaban pada kulit. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara memperbanyak konsumsi air mineral. Air mineral terbukti dapat meningkatkan kelembaban kulit dari dalam sehingga kulit tetap terhidrasi dan tidak mengalami kekeringan.

5. Gunakan pelembab kulit

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kulit wajah yang mengelupas adalah dengan menggunakan pelembab kulit. Gunakan pelembab yang mengandung aloe vera dan vitamin E yang dapat memberikan rasa segar dan nyaman pada kulit.

6. Jangan menggaruk atau mengelupasnya


Anda mungkin merasa jengkel dengan kondisi kulit wajah yang mengelupas dan ingin menggaruk atau mengelupasnya secara langsung. Tetapi, cara tersebut sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan, karena justru dapat memperburuk kondisi dan dapat menyebabkan terjadinya infeksi. Bila ada kulit mati yang menjuntai lepas, berikan pelembab atau kompres dengan air agar kulit tersebut copot.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search