Thursday, November 28, 2019

Difluprednate : Obat untuk mengatasi nyeri setelah operasi mata

Difluprednate : Obat untuk mengatasi nyeri setelah operasi mata


Rasa nyeri dapat muncul kapanpun dan dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah karena operasi mata. Rasa nyeri dapat muncul setelah anda selesai menjalani prosedur operasi mata. Untuk meredakan nyeri, dokter biasanya akan memberikan obat pereda nyeri yang berfungsi untuk meringankan rasa nyeri yang anda rasakan. Kelompok obat yang digunakan sebagai pereda nyeri disebut dengan analgesik. Analgesik termasuk kedalam golongan obat anti inflamasi non steroid (OAINS) yang bekerja dengan cara meredakan rasa nyeri langsung ke sumber nyeri. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi rasa nyeri terutama rasa nyeri yang timbul setelah prosedur operasi mata adalah difluprednate.

Difluprednate merupakan obat yang sering digunakan untuk mengobati pembengkakan dan rasa nyeri setelah menjalani prosedur operasi mata. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah tertentu yang terjadi pada mata seperti endogen uveitis anterior. Obat ini termasuk kedalam jenis obat kortikosteroid. Untuk menggunakannya, cucilah tangan anda terlebih dahulu. Untuk menghindari kontaminasi, Jangan menyentuh ujung pipet atau membiarkannya menyentuh mata anda. Setelah itu, teteskan obat ini ke mata anda. Gunakan obat ini sesuai dengan arahan dan petunjuk dari dokter anda. Difluprednate merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang gelap.


Dosis difluprednate untuk orang dewasa

Dosis normal dewasa pasca operasi inflamasi okuler :
  • Gunakan satu tetes kedalam kantung konjungtiva mata yang terinfeksi 4 kali sehari, dimulai dari 24 jam setelah operasi dan berlanjut selama 2 minggu pertama pasca operasi. Lalu diikuti 2 kali sehari selama seminggu dan kemudian diturunkan berdasarkan respon terhadap pengobatan.

Dosis normal dewasa untuk penderita uveitis :
  • Gunakan satu tetes kedalam kantung mata yang terinfeksi 4 kali sehari selama 14 hari diikuti oleh penurunan dosis sebagai indikasi klinis.


Dosis difluprednate untuk anak - anak
  • Hingga kini belum ditemukan dosis obat difluprednate untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika diberikan kepada anak - anak, sehingga tidak diperuntukkan penggunaannya untuk pasien anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, difluprednate juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat difluprednate. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat difluprednate, yaitu :
  • Sakit kepala ringan
  • Penglihatan kabur
  • Sensasi terbakar ringan, menyengat, dan rasa gatal pada mata
  • Mata kering atau berair
  • Merasa seperti ada sesuatu yang mengganjal di mata
  • Meningkatnya sensitivitas mata terhadap cahaya




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search