Thursday, November 28, 2019

Ebastine : Obat Untuk Meredakan Gejala Alergi

Ebastine : Obat Untuk Meredakan Gejala Alergi


Pernahkah anda mengalami alergi? dan jenis alergi apa yang anda alami? Secara medis, alergi merupakan reaksi berlebihan yang ditimbulkan oleh sistem pertahanan tubuh manusia dalam menghalau zat asing yang masuk kedalam tubuh. Sistem pertahanan tubuh manusia atau yang dikenal dengan sistem imun merupakan sekelompok sel, protein, jaringan dan organ khusus yang berfungsi untuk melawan berbagai zat asing yang masuk kedalam tubuh seperti bakteri, virus, polutan, dan berbagai zat berbahaya lainnya. Pada kasus alergi, sistem imun ini bereaksi secara berlebihan ketika ada suatu zat asing yang masuk kedalam tubuh, meskipun zat asing tersebut tidak berbahaya. Efek yang ditimbulkan dari reaksi berlebihan ini bisa berupa bersin - bersin, gatal - gatal, bengkak, dan sebagainya.

Untuk mengatasi gejala alergi, anda dapat mengandalkan obat - obatan jenis antihistamin. Antihistamin merupakan sekelompok obat - obatan yang digunakan untuk mengobati rhinitis alergi dan berbagai jenis alergi lainnya. Antihistamin dapat memberikan rasa lega ketika seseorang mengalami hidung tersumbat, bersin - bersin, atau gatal - gatal yang disebabkan oleh serbuk sari, tungau, debu, ataupun karena bulu binatang. Obat antihistamin merupakan jenis obat bebas yang banyak dijual dipasaran dan dapat diperoleh tanpa menggunakan resep dokter. Obat antihistamin hanya dapat digunakan untuk pengobatan jangka pendek. Obat - obatan jenis antihistamin juga tidak dapat digunakan untuk mengatasi alergi parah seperti asma, sinusitis, maupun reaksi anafilaktik.

Salah satu jenis obat antihistamin yang sering digunakan adalah ebastine. Ebastine merupakan jenis obat antihistamin yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai gejala alergi. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan produksi histamine dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai reaksi alergi seperti gatal - gatal, bersin - bersin, dan berbagai gejala lainnya. Obat ini termasuk jenis obat bebas yang bisa diperoleh tanpa menggunakan resep dokter. Ebastine merupakan jenis obat yang dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Minumlah obat ini sesuai dengan petunjuk dosis yang tertera pada kemasan. Ebastine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis ebastine untuk orang dewasa
  • 10 - 20 mg satu kali sehari.


Dosis ebastine untuk anak - anak
  • Anak -anak usia diatas 6 tahun : 5 mg satu kali sehari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, penggunaan obat ebastine juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat ebastine, yaitu :
  • Mengantuk
  • Sakit kepala
  • Mulut kering
  • Sakit bagian perut
  • Gangguan pencernaan
  • Faringitis
  • Insomnia




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search