Thursday, November 28, 2019

Tips Mengatasi Rasa Takut Ketika Akan Disuntik

Tips Mengatasi Rasa Takut Ketika Akan Disuntik


Metode suntik merupakan sebuah metode pengaplikasian obat ke dalam tubuh dengan menggunakan jarum suntik. Bagi sebagian orang, disuntik bukan merupakan hal menakutkan, bahkan bisa jadi menjadi hal yang biasa dilakukan ketika sakit. Tetapi, bagi sebagian orang lagi, disuntik merupakan suatu hal yang sangat menakutkan dan menyakitkan, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki fobia jarum suntik. Penyebab seseorang takut disuntik yang paling dasar adalah karena rasa sakit yang ditimbulkan ketika jarum suntik tersebut masuk kedalam kulit dan menembus daging. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh trauma masa lalu ketika disuntik sewaktu masih kecil. Orang yang takut dengan jarum suntik, bisa saja membawa dampak yang merugikan bagi tubuhnya. Karena orang - orang yang takut dengan jarum suntik kemungkinan akan menghindar dari setiap pemeriksaan dokter umum ataupun dokter gigi supaya tidak bertemu dengan jarum suntik. Hal tersebut tentu saja sanghat merugikan, karena orang tersebut tidak bisa mendapatkan penanganan medis secara optimal karena selalu menghindar dari pemeriksaan dokter.

Rasa takut ketika akan disuntik tentunya sangat merugikan jika dibiarkan begitu saja dan tidak dicari solusinya. Joni pagen kemper memiliki beberapa cara untuk membantu anda mengatasi rasa ketakutan akan jarum suntik, yaitu :

  • Pastikan suhu ruangan suntik hangat dan tidak dingin. Suhu dingin justru akan membuat suasana menjadi lebih menegangkan.
  • Sebelum melakukan penyuntikan, bersihkan area yang akan disuntik menggunakan alkohol.
  • Selalu gunakan jarum suntik baru.
  • Tempalkan jarum suntik ke tubuh secara cepat supaya rasa sakitnya tidak terlalu terasa.


Sedangkan, menurut national health service, anda dapat mengatasi rasa takut akan jarum suntik dengan beberapa tips berikut ini :

1. Beri tahu kondisi anda

Apabila anda berniat melakukan pengobatan yang melibatkan jarum suntik, beritahu tim medis bahwa anda memiliki fobia terhadap jarum suntik. Beritahu juga sejauh mana anda menjalani perawatan untuk mengatasi fobia jarum suntik tersebut. Dengan begitu, tim medis dapat menentukan cara terbaik dan hati - hati untuk mengatasi masalah kesehatan anda tanpa memunculkan fobia tersebut.

2. Lakukan applied tension

Ketika seseorang yang mengalami fobia terhadap jarum suntik bertemu dengan jarum suntik dan mengetahui bahwa dirinya akan disuntik, baisanya tanda - tanda dan gejala - gejala fobia tersebut akan muncul. Orang tersebut biasanya akan mengalami tekanan darah tinggi mendadak, jantung berdetak sangat cepat, bahkan orang tersebut dapat mengalami pingsan atau tidak sadarkan diri. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa melakukan metode applied tension. Applied tension adalah cara utnuk mengatasi rasa takut ketika akan disuntik dengan cara yang sederhana, yaitu mengembalikan darah ketingkat normal supaya anda tidak mengalami pingsan. Carilah tempat yang aman dan nyaman untuk duduk. Kemudian lemaskan otot - otot di leher, tangan, dan kaki salaam 10 hingga 15 detik. Lalu, perbaikilah posisi duduk anda menjadi lebih tegak selama 20 detik dan ulangi gerakan ini utnuk melemaskan otot - otot yang tegang. Lakukanlah hal ini secara berulang hingga anda merasa lebih baik.

3. Hadapi ketakutan anda


Setelah anda menjalani berbagai metode diatas, langkah terakhir adalah anda harus menghadapi rasa ketakutan anda. Anda bisa meminta bantuan orang terdekat anda untuk menemani anda. Sugestikan pikiran anda bahwa jarum yang menusuk kulit anda tidak sesakit seperti yang ada didalam pikiran anda. Anggaplah rasa sakit tersebut hanya seperti digigit semut. Cara ini memang tidak mudah, tetapi jika anda melakukannya dengan konsisten, rasa takut tersebut bisa anda kendalikan dengan baik.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search