Thursday, November 28, 2019

Ketahui Cara Merawat Gejala Psoriasis Yang Terjadi Pada Bayi

Ketahui Cara Merawat Gejala Psoriasis Yang Terjadi Pada Bayi


Penyakit psoriasis tidak hanya menyerang orang dewasa saja, bayi pun juga dapat terserang penyakit ini. Psoriasis sendiri merupakan gangguan autoimun yang menyebabkan pertumbuhan sel kulit baru yang sangat cepat sehingga menyebabkan kulit menebal, bersisik, dan terasa gatal. Kondisi ini juga dapat dialami oleh bayi, karena bayi memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga mudah mengalami infeksi dan iritasi. Bila bayi terserang psoriasis, itu artinya bayi tersebut memiliki tingkat sensitivitas kulit yang cukup tinggi sehingga membutuhkan perawatan ekstra untuk mengatasinya dan mencegahnya datang kembali.

Penyakit psoriasis memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah psoriasis plaque dan psoriasis guttate. Kedua jenis psoriasis ini sangat sering terjadi pada bayi dan anak - anak. Pada kasus psoriasis plaque, kulit sekitar lutut, siku, punggung, dan kulit kepala akan muncul ruam bersisik yang disebut plak. Sedangkan pada penyakit psoriasis jenis guttate, akan timbul bintik merah kecil yang ada di sekitar punggung, lengan, kaki, atau diseluruh tubuh. Psoriasis jenis ini kemungkinan dipicu oleh infeksi bakteri streptococcus. Kondisi psoriasis guttate dapat disembuh setelah beberapa bulan dengan cara mengobati infeksi bakteri strep. Sedangkan kondisi psoriasis paluque tidak bisa disembuhkan.

Meskipun penyakit psoriasis plaque tidak bisa disembuhkan, anda bisa mengurangi gejala yang terjadi pada bayi anda dengan beberapa cara sebagai berikut, yaitu :

1. Perawatan dokter

Perawatan yang dilakukan oleh dokter merupakan jenis perawatan terhadpa penyakit psoriasis yang sangat dianjurkan, terlebih lagi jika kondisi psoriasis terjadi pada bayi anda. Hal ini Karena bayi memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga membutuhkan perawatan khusus supaya infeksi dan iritasi yang terjadi tidak bertambah parah. Sebelum menjalani pengobatan, dokter biasanya akan memeriksa kulit tubuh, kuku, dan kulit kepala bayi. Kemudian, dokter akan mengambil sampel kulit bayi untuk penelitian dan pemeriksaan lebih lanjut. Jika dari hasil pemeriksaan, diputuskan bahwa bayi tersebut mengidap psoriasis, maka pengobatan terhadap penyakit tersebut akan dilakukan.

Pengobatan psoriasis  yang tejadi pada bayi dan orang dewasa sangat berbeda. Kemungkinan dosis obat akan dikurangi dan pemilihan obat akan disesuaikan dengan usianya. 


Pengobatan yang akan diberikan oleh dokter meliputi :
  • Obat oles. Sebagian besar bayi yang mengalami gejala psoriasis ringan dapat diobati dengan obat oles berupa krim, lotion, atau salep yang mengandung kortikosteroid, anthralin, dan calcipotriene.
  • Obat antihistamin. Obat ini umumnya digunakan untuk mengobati alergi. Namun, obat ini juga bisa digunakan untuk meredakan gejala psoriasis seperti gatal - gatal yang terjadi pada kulit.
  • Terapi cahaya. Perawatan psoriasis jenis ini hanya boleh dilakukan jika penyakit sudah menyebar hampir keseluruh tubuh bayi anda. Pengobatan ini umumnya dilakukan jika pengobatan - pengobatan sebelumnya tidak menunjukkan adanya kemajuan.


2. Perawatan psoriasis di rumah

Selain perawatan yang dilakukan oleh dokter, bayi juga perlu mendapatkan perawatan dirumah untuk menjaga supaya kondisi kulit bayi tetap dalam keadaan sehat. Berikut ini merupakan beberapa jenis perawatan rumahan yang dapat anda lakukan untuk menjaga kulit bayi tetap sehat, yaitu :
  • Memilih produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi.
  • Sering mengoleskan pelembab pada kulit bayi setelah mandi atau setelah kulit bayi dibersihkan.
  • Menjaga kulit bayi tetap bersih dan kering.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search