Thursday, November 28, 2019

Ketahui Khasiat Tanaman Herbal Temu Kunci Bagi Kesehatan

Ketahui Khasiat Tanaman Herbal Temu Kunci Bagi Kesehatan


Apakah anda mengetahui apa itu tanaman temu kunci ? mungkin sebagian orang masih asing mendengar kata temu kunci, tetapi ternyata temu kunci merupakan salah satu jenis rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Temu kunci sendiri adalah sejenis rempah - rempah yang rimpang atau akarnya digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan asia tenggara. Tanaman ini banyak ditemukan didalam hutan hingga ketinggian diatas 1000 meter dari permukaan laut. Awalnya, temu kunci merupakan tumbuhan liar tetapi kemudian dikembangbiakkan sebagai salah satu komoditas sendiri di kawasan Indochina. Selain dikenal sebagai bumbu masakan, tanaman temu kunci ternyata diketahui memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Secara umum, masyarakat menggunakan rimpang temu kunci sebagai peluruh dahak atau untuk mengurangi batuk, penambah nafsu makan, menyembuhkan sariawan, dan sebagai pemicu keluarnya ASI. Tanaman ini juga mengandung beberapa senyawa herbal seperti minyak atsiri, d-borneol, d-pinen sesquiterpen, kurkumine, saponing, dan flavonoid. Kandungan minyak atsiri yang ada didalam temu kunci juga diketahui dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri seperti E. coli, staphyllococus aureus, dan jamur candida albicans. Selain itu, minyak atsiri juga dapat berefek pada pelarutan batu ginjal kalsium secara in vitro.


Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas satu persatu manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman herbal temu kunci, yaitu :

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Tanaman temu kunci diketahui mengandung senyawa pinostrobin yang dapat membantu melindungi kesehatan lambung, usus, serta organ pencernaan lainnya. Tidak hanya itu, daun dari tanaman temu kunci juga diketahui memiliki sifat penangkal racun, antibakteri, antiradang, serta antioksidan yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan.

2. Mencegah gigi berlubang

Didalam mulut kita, ternyata ada beberapa jenis bakteri yang hidup dan berkembang secara alami, yaitu bakteri streptococcus mutans dan bakteri lactobacillus. Kedua bakteri tersebut merupakan jenis bakteri yang bermanfaat bagi tubuh. Tetapi, jika kedua jenis bakteri tersebut berkembang terlalu banyak, justru dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti karies dan gigi berlubang. Tetapi, hal tersebut dapat diatasi oleh tanaman temu kunci. Hal ini karena tanaman temu kunci diketahui memiliki senyawa aktif yang ampuh untuk melawan racun yang dihasilkan oleh bakteri tersebut.

3. Mencegah sakit maag

Sakit maag atau ulkus lambung selain disebabkan karena asam lambung, juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri helicobacter pylori. Bahkan perkembangan lebih lanjut dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini sering dikaitkan dengan penyakit lambung kronis dan kanker usus besar. Tetapi, anda tidak perlu khawatir karena penyakit tersebut dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi temu kunci. Hal ini karena tanaman temu kunci mengandung komponen flavonoid yang bertugas sebagai obat alami untuk menghambat infeksi yang disebabkan oleh bakteri H. pylori.

4. Meningkatkan gairah seks


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh pharmacognosy reviews menjelaskan bahwa tanaman temu kunci memiliki khasiat sebagai afrodisiak. Afrodisiak sendiri merupakan makanan ataupun minuman yang dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual. Pernyataan tersebut bukan tanpa alasan. Hal ini karena tanaman temu kunci juga kaya akan senyawa boesenbergin, krachaizin, panduratin, dan pinostrodin yang mana seluruh senyawa tersebut diketahui dapat meningkatkan libido. Pria yang rutin mengkonsumsi jamu temu kunci dilaporkan memiliki kualitas dan kuantitas sperma yang lebih baik.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search