Thursday, November 28, 2019

Ketahui Manfaat Rempah Kapulaga Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Rempah Kapulaga Bagi Kesehatan


Mungkin anda mengenal kapulaga sebagai salah satu rempah yang sering dicampur kedalam masakan. Tetapi, tahukah anda bahwa rempah yang satu ini juga bermanfaat bagi kesehatan ? Kapulaga merupakan jenis rempah yang biasanya digunakan sebagai penambah rasa serta aroma pada masakan. Rempah ini umum digunakan di beberapa Negara asia terutama di india dan Indonesia. Rempah kapulaga juga dapat digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, ternyata rempah kapulaga juga kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh anda seperti antioksidan, magnesium, hingga zinc.


Berikut ini merupakan pembahasan lebih lanjut mengenai manfaat kapulaga bagi kesehatan, yaitu :

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Indian journal of biochemistry and biophysic menyatakan bahwa penggunaan bubuk kapulaga pada 20 orang penderita hipertensi ternyata dapat menstabilkan tekanan darah mereka. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa manfaat ini kemungkinan besar terjadi karena adanya kandungan antioksidan didalam rempah kapulaga. Tentunya kita sudah mengetahui bahwa antioksidan merupakan zat yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Dengan menambahkan kapulaga kedalam makanan anda, maka tekanan darah anda akan tetap stabil dan selalu berada dalam batas normal.

2. Menjaga kesehatan hati

Selain dapat menjaga tekanan darah dalam batas normal, kapulaga juga memiliki manfaat lain yaitu dapat menjaga kesehatan organ hati. Khasiat kapulaga tersebut diperoleh dari sifat antiradang dalam rempah kapulaga yang dapat membantu membasmi zat asing yang ada didalam tubuh. Hal tersebut juga dibuktikan didalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal lipids in health and disease. Didalam penelitian tersebut, tikus yang mengalami obesitas diberikan bubuk kapulaga melalui pola makan tinggi karbohidrat dan lemak. Hasilnya adalah peradangan pada organ hati dan kadar kolestrol yang ada didalam organ hati menjadi turun drastis dan kerusakan hati pun bisa dicegah.

3. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Rempah kapulaga sudah digunakan sebagai obat tradisional untuk melancarkan pencernaan selama ratusan tahun. Melalui proses ekstraksi, kapulaga diolah menjadi minyak, kemudian digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti mual, sakit perut, dan maag. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 dan diterbitkan didalam asian pacific journal of tropical biomedicine memberikan ekstrak kapulaga, kunyit, dan daun sembung pada tikus. Mencampurkan ketiga rempah tersebut dengan air panas ternyata cukup efektif untuk melindungi mukosa lambung. Para peneliti sepakat bahwa hal ini terjadi karena adanya senyawa flavonoid pada kapulaga yang memberikan perlindungan pada lambung manusia.

4. Mengatasi bau mulut dan gigi berlubang


Di Negara india, kapulaga sering digunakan setelah mengkonsumsi makanan untuk mengusir bau mulut dari makanan yang mereka makan. Dilansir dari dental research journal, minyak hasil ekstrak biji kapulaga diketahui mengandung cineole. Senyawa cineole diketahui berfungi sebagai antiseptic yang mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Tidak hanya itu, kapulaga juga diketahui dapat mencegah terjadinya gigi berlubang. Ekstrak dari tanaman ini dapat membunuh 5 jenis bakteri penyebab gigi berlubang.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search