Thursday, November 28, 2019

Ketahui Sumber Rasa Dalam Air Mineral Kemasan

Ketahui Sumber Rasa Dalam Air Mineral Kemasan


Pernahkah anda mengkonsumsi air minum dalam kemasan? Lalu, apakah anda menyadari bahwa air minum kemasan memiliki rasa yang berbeda - beda pada setiap merek, meskipun sama - sama air putih ? Memang, idealnya air mineral yang baik tidak memiliki warna, tidak memiliki bau, dan tidak memiliki rasa. Tetapi, pada kenyataannya setiap merek air mineral memiliki rasa yang berbeda - beda. Anda mungkin sudah tidak asing dengan rumus kimia air, yaitu H2O. Rumus H2O memiliki arti yaitu dalam setiap molekul air mengandung 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen. Namun, ternyata ada komponen lain yang terkandung didalam air selain 2 unsur tersebut, yaitu komponen mineral. Kandungan mineral tersebutlah yang membuat air minum memiliki rasa yang berbeda pada setiap lidah yang mengkonsumsinya.

Rasa yang muncul dari air minum sangat tergantung pada kondisi tubuh anda dan dari mana sumber air tersebut berasal. Antara sumber air yang satu dengan sumber air lainnya mungkin memiliki konsentrasi kandungan mineral yang berbeda - beda. Kandungan mineral inilah yang memberikan rasa pada air minum, baik yang diperoleh melalui proses penyulingan, mata air, sumur, hingga yang telah dikemas dalam kemasan. Sebenarnya, ada begitu banyak mineral yang terkandung didalam air minum. Tetapi, tidak semua mineral tersebut bisa dideteksi oleh lidah. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan didalam jurnal water research, mengungkapkan bahwa mineral yang  paling berperan memberikan rasa pada air minum adalah kalsium, magnesium, sulfat, dan bikarbonat. Seluruh mineral ini terlarut dalam air dan baru dapat dirasakan ketika bintil lidah menangkapnya.

Ada sebuah merek air minum yang menyatakan bahwa air mineral yang mereka produksi memiliki sedikit rasa manis. Lalu ada pula merek air minum lainnya yang mengklaim bahwa air mineral mereka memiliki rasa yang lebih menyegarkan. Lalu, mengapa air minum dalam kemasa memiliki rasa yang berbeda - beda, padahal sama - sama air putih dan tidak diberi tambahan rasa ? Rasa air minum ditentukan oleh kandungan mineral serta komponen lain yang dibawanya sebelum dikemas. Sebagai contoh, air minum yang diperoleh melalui proses penyulingan cenderung tidak memiliki rasa karena proses penyulingan tersebut telah menghilangkan semua mineral dan berbagai senyawa kimia yang terkandung didalamnya. Sedangkan, air minum alkali merupakan jenis air mineral yang diperoleh dari sumur atau mata air dalam dan telah melewati berbagai macam lapisan tanah, sehingga memiliki rasa pahit yang agak samar dan mengandung lebih banyak mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, silica, dan bikarbonat.


Meskipun memiliki rasa, air minum dalam kemasan tetap baik untuk dikonsumsi.  Anda bahkan bisa memperoleh lebih banyak manfaat melalui berbagai mineral yang terkandung didalamnya. Kandungan magnesium didalam air mineral memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan jantung dan mencegah sembelit. Sedangkan, kandungan kalsium yang ada didalam air mineral membantu menjaga kesehatan tulang dan membantu menjaga tekanan darah agar tetap dalam kondisi normal. Sedikit perbedaan rasa yang ada pada air minum kemasan merupakan sebuah hal yang lazim dan tidak perlu anda cemaskan. Lidah manusia juga telah beradaptasi dengan baik dalam mengenali mana rasa yang wajar dan tidak. Sehingga, anda bisa mengenali perbedaan rasa air minum yang tidak biasa dengan sendirinya.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search