Thursday, November 28, 2019

Ketahui Pengobatan Yang Tepat Untuk Penyakit Hepatitis A

Ketahui Pengobatan Yang Tepat Untuk Penyakit Hepatitis A


Hepatitis A merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh virus hepatitis tipe A yang disebarkan oleh tinja penderita dan biasanya tersebar melalui makanan maupun minuman. Virus hepatitis tipe A sendiri merupakan salah satu jenis virus hepatitis yang menyebabkan terjadinya peradangan pada organ hati atau liver, sehingga dapat menurunkan fungsi hati dan liver dalam menetralisir racun yang ada didalam tubuh. Faktor risiko penyakit hepatitis A sangat berhubungan dengan kualitas kebersihan lingkungan yang buruk. Dibandingkan dengan jenis penyakit hepatitis lainnya, penyakit hepatitis A umumnya tidak menyebabkan kerusakan liver yang parah dan tidak berkembang menjadi penyakit liver yang kronis. Sebagian besar penderita dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu tanpa melakukan perawatan medis. Meskipun bersifat ringan, gejala ataupun gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh penyakit hepatitis A tetap dapat mengganggu aktivitas sehari - hari.

Virus hepatitis A sangat mudah menyebar melalui makanan dan minuman sehingga membuat penyakit ini sangat sulit untuk dikendalikan.


Berikut ini merupakan tanda atau gejala seseorang menderita penyakit hepatitis A, yaitu :
  • Urine berwarna kuning gelap
  • Kelelahan
  • Tiba - tiba mual dan muntah - muntah
  • Demam ringan
  • Nyeri sendi
  • Nyeri perut
  • Kehilangan nafsu makan
  • Kulit dan selaput mata berubah menjadi kuning
  • Gatal - gatal

Hingga saat ini, belum ada pengobatan khusus untuk mengobati penyakit hepatitis A. Tetapi, anda dapat melakukan pengobatan secara mandiri untuk mengatasi penyakit ini, yaitu :

1. Perbanyak istirahat

Peradangan hati yang disebabkan oleh penyakit hepatitis A dapat melemahkan kerja hati sehingga membuat sistem daya tahan tubuh tidak dapat bekerja secara optimal. Kondisi ini dapat membuat anda merasa kelelahan hingga kehabisan energi selama terjangkit penyakit ini. Apabila gejala hepatitis A semakin parah, maka pengobatan yang paling tepat untuk mengatasi kondisi ini adalah menambah jam tidur dan melakukan istirahat secara total.

2. Mengkonsumsi banyak cairan

Salah satu obat hepatitis A yang paling murah dan mujarab adalah air putih. Hal ini karena air putih dapat menetralisir racun yang ada didalam tubuh dan membuangnya bersama dengan urin. Dengan begitu, jika anda rutin mengkonsumsi air putih, maka secara perlahan - lahan penyakit hepatitis A yang anda alami pun dapat sembuh dengan sendirinya.

3. Hindari konsumsi alkohol

Ketika anda sedang dalam proses pengobatan penyakit hepatitis A, terdapat beberapa hal yang harus anda hindari, salah satunya adalah mengkonsumsi alkohol. Infeksi virus hepatitis A memang tidak menyebabkan kerusakan serius pada hati, tetapi alkohol dapat memperburuk kondisi peradangan yang terjadi pada hati.

4. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan


Salah satu hal yang dapat menyebarkan penyakit hepatitis A adalah kondisi kebersihan lingkungan yang buruk. Oleh karena itu, anda harus selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah terjadinya penyakit hepatitis A. Anda dapat memulainya dengan selalu mencuci tangan sebelum makan menggunakan sabun, dan selalu mencuci tangan anda setelah dari kamar mandi.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search