Thursday, November 28, 2019

Mengenal Air Alkali Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Air Alkali Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Apakah anda pernah mendengar tentang air alkali ? Sebagian orang mungkin masih asing dengan nama air alkali. Air alkali sendiri merupakan air yang memiliki pH diatas 7 dan biasa disebut dengan basa. Sedangkan, pH air galon atau air sumur yang dimasak memiliki pH antara 6 sampai 7,3. Air alkali pertama kali diteliti secara ilmiah pada tahun 1931 di Negara jepang. Pada saat itu, para ilmuwan jepang mengamati dan mempelajari manfaat kesehatan dari air - air alami yang ada di berbagai Negara dari penjuru dunia. Pada zaman dahulu, masyarakat dunia menganggap air alkali sebagai air suci atau bahkan air ajaib, mulai dari air zam - zam di mekkah, air hita tenryosui di jepang, air nordenau di jerman, air Lourdes di perancis, air hunza di Himalaya, dan air tiacote di meksiko.

Air alkali sendiri merupakan air alami yang berasal dari mata air yang telah tereduksi dan tersaring secara alami dan biasanya bersumber dari mata air dalam. Air alkali sudah tersaring secara alami melalui berbagai bebatuan yang ada dilapisan tanah dan menyerap berbagai mineral yang dilewatinya sehingga membuat air alkali kaya akan mineral dan antioksidan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dengan mengkonsumsi air alkali, diantaranya :

1. Menjaga hidrasi tubuh

Menurut studi yang dimuat didalam journal of international society of sports nutrition tahun 2016, menyatakan bahwa tingkat kekentalan darah pada orang yang mengkonsumsi air alkali cenderung menurun hingga 6,3 % dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi air biasa. Hal ini berarti orang yang mengkonsumsi air dengan pH basa atau pH diatas 8, memiliki darah yang lebih cair. Sedangkan orang yang mengkonsumsi air dengan pH dibawah 8, memiliki darah yang lebih kental. Darah yang kental merupakan pertanda bahwa darah tersebut tidak mengandung air dalam jumlah yang cukup. Sehingga, semakin kental darah seseorang maka semakin lambat pergerakan aliran darahnya.

2. Menetralisir kelebihan asam didalam tubuh

Salah satu manfaat air alkali yang cukup menakjubkan adalah dapat menjaga keseimbangan pH didalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam journal of the international society of sport nutrition tahun 2010 menyatakan bahwa air dengan kandungan pH basa bisa meredakan kelebihan asam didalam tubuh. Mereka membuktikannya dengan cara melakuakn penelitian yang melibatkan 38 orang peserta yang dibagi kedalam 2 kelompok, yaitu kelompok yang mengkonsumsi air minum biasa dan kelompok yang mengkonsumsi air alkali. Setelah itu, para ahli mengambil sampel darah dan urine peserta sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk diukur kadar asam - basanya. Para ahli melaporkan bahwa peserta yang mengkonsumsi air alkali memiliki kadar asam basa yang lebih seimbang dari pada peserta yang mengkonsumsi air putih biasa. Selain itu, volume urine peserta yang mengkonsumsi air alkali cenderung lebih sedikit sehingga menunjukkan bahwa hidrasinya lebih baik.

3. Membantu mengendalikan tekanan darah dan kadar gula darah


Sebuah penelitian yang dilakukan di shanghai pada tahun 2010 menemukan fakta bahwa air alkali memiliki manfaat yaitu bisa mengendalikan tekanan darah dan menjaga kadar gula dalam darah selalu dalam kondisi normal. Penelitian tersebut melibatkan 3 kelompok peserta yaitu orang yang memiliki tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi. Kemudian, semua peserta diminta untuk mengkonsumsi air yang terionisasi alkali selama 3 - 6 bulan untuk dilihat perkembangannya. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Setelah rutin mengkonsumsi air alkali selama 3 - 6 bulan, kadar gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol dalam darah menurun secara drastis. Itulah sebabnya, air alkali sekarang banyak digunakan untuk terapi hipertensi, diabetes, dan hiperlipidemia. Tentu saja disamping dengan pengobatan medis dan dalam pengawasan dokter.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search