Friday, November 8, 2019

Tips Mengatasi Penyakit Cacar Air Pada Anak

Tips Mengatasi Penyakit Cacar Air Pada Anak


Cacar air merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella yang menyebabkan timbulnya lenting pada seluruh tubuh dan wajah. Infeksi cacar air juga bisa menyerang selaput lendir atau membran mukosa seperti mulut. Penyakit ini dapat menular ke orang yang belum pernah terkena atau belum pernah menerima vaksin cacar air. Cacar air merupakan penyakit kulit menular yang umumnya terjadi pada anak - anak yang berusia dibawah 10 tahun. Namun, tidak jarang penyakit ini juga dapat menyerang ibu hamil, bayi yang baru lahir, remaja dan dewasa, serta orang - orang yang memiliki ketahanan tubuh yang rendah. Meskipun cacar air yang terjadi pada anak tidak termasuk kondisi medis yang kritis, namun anak yang terjangkit cacar air biasanya harus dikarantina dirumah supaya tidak menularkan virus cacar air pada orang lain.


Berikut ini merupakan beberapa ciri penyakit cacar air yang perlu anda perhatikan, yaitu :
  • Muncul bintik - bintik kecil kemerahan yang perlahan menebal dan berisi cairan.
  • Setelah 1 - 2 hari, bintil mengering, mengelupas, dan membekas.
  • Kumpulan cacar baru akan muncul sekitar 4 - 5 hari setelahnya.
  • Diameter bintil tidak lebih dari 0,5 cm.
  • Ruam kemerahan yang muncul biasanya dimulai dari area sekitar kepala dan punggung, kemudian menyebar keseluruh tubuh setelah 1 - 2 hari.
  • Demam. Anak yang menderita cacar air, biasanya juga mengalami demam.

Penyakit cacar air tentunya dapat merusak penampilan karena adanya bintil - bintil pada seluruh permukaan tubuh anak anda. Hal tersebut dapat membuat anak menjadi minder dan khawatir takut bintil - bintil tersebut tidak bisa hilang. Tugas anda sebagai orang tua adalah meyakinkan anak anda bahwa penyakit cacar air hanya bersifat sementara dan nantinya juga akan sembuh. Cacar air tidak menimbulkan bekas luka yang permanen, kecuali jika bintil cacar air terinfeksi dengan impetigo atau anak anda terus menerus menggaruk bintil merah tersebut. Meskipun demikian, bekas luka akibat cacar air membutuhkan waktu selama 6 - 12 bulan sampai hilang secara keseluruhan.


Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi cacar air pada anak, yaitu :

1. Berendam di air dingin

Air dingin bertindak sebagai kompres yang dapat meringankan rasa gatal dan kemerahan akibat cacar air. Mintalah anak anda untuk berendam didalam air dingin setidaknya selama 10 menit setiap 4 jam sekali pada beberapa hari pertama setelah terkena cacar air. Berendam aman dilakukan, karena virus cacar air hanya menular melalui udara bukan air. Untuk menjaga agar bintil cacar tidak pecah, jangan gosok dengan handuk saat mengeringkan badan. Tepuklah tubuh secara perlahan dengan handuk sampai seluruh air terserap. Setelah kering, lanjutkan dengan memberikan bedak dingin untuk menghilangkan gatal.

2. Redakan demam

Anda dapat memberikan acetaminophen pada anak anda untuk beberapa hari pertama jika ia menunjukkan gejala demam. Jangan memberikan ibuprofen maupun aspirin pada anak anda, karena kedua obat tersebut dapat menimbulkan efek samping yang cukup parah pada anak - anak.

3. Makanan dingin

Cacar air pada anak juga dapat terjadi pada didalam rongga mulut. Hal ini dapat menimbulkan rasa panas serta perasaan tidak nyaman yang dapat membuat anak anda menjadi sulit makan. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat memberikan makanan yang halus dan dingin pada anak anda seperti es krim, telur, pudding, dan agar - agar. Hindari memberikan makanan asin dan buah - buahan asam untuk sementara waktu.

4. Obat acyclovir


Acyclovir meruypakan obat antivirus oral yang digunakan untuk mengobati cacar air. Obat ini hanya akan membantu jika mulai diberikan dalam waktu 24 jam setelah gejala pertama cacar air tampak.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search