Saturday, December 14, 2019

Cara Mudah Turunkan Kolesterol Bagi Orang Kantoran

Cara Mudah Turunkan Kolesterol Bagi Orang Kantoran


Dalam pandangan masyarakat umum, pekerjaan kantoran dinilai sebagai pekerjaan impian. Bahkan, orang kantoran dipandang sebagai seseorang yang bekerja ditempat yang enak, ruangan ber AC, hanya duduk sepanjang hari, dan tidak merasakan lelah sama sekali. Padahal, banyak sekali masalah kesehatan yang mengintai orang kantoran. Mulai dari mata rabun karena seharian menatap layar monitor, stress karena pekerjaan yang monoton, hingga masalah kolesterol tinggi karena minim gerak tubuh saat bekerja. Oleh karena itu, para pekerja kantoran pun juga perlu menjaga kesehatannya terutama untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol yang ada didalam tubuhnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara menurunkan kolesterol bagi pekerja kantoran.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kolesterol terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL. Low Density Lipoproteins merupakan kolesterol jahat yang dapat menyebabkan terjadinya penumpukkan lemak pada pembuluh darah. Kondisi menumpuknya lemak pada pembuluh darah tentunya dapat memicu berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, hingga serangan jantung. Kondisi kolesterol tinggi sering menyerang orang - orang yang minim aktivitas fisiknya, salah satunya adalah pekerja kantoran. Keseharian pekerja kantoran tidak jauh dari kursi dan monitor. Bahkan, aktivitas fisik pekerja kantoran dapat dihitung dengan hitungan jari. Oleh karena itu, hal ini perlu menjadi perhatian khusus bagi para pekerja kantoran.

Salah satu penyakit yang mengintai pekerja kantoran adalah penyakit jantung. Penyakit jantung termasuk kedalam deretan penyakit penyebab kematian terbesar di Indonesia. Risiko terserang penyakit ini akan lebih besar terjadi pada orang yang memiliki kolesterol tinggi. Hal ini karena kolesterol tyang terlalu banyak dalam darah akan terjebak didalam dinding pembuluh darah arteri. Seiring dengan berjalannya waktu, kolesterol yang menumpuk pada dinding pembuluh darah akan membentuk plak dan mempersempit ruang pembuluh darah. Hal ini membuat darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otot jantung menjadi terhambat. Akibatnya, kondisi ini akan memicu berbagai penyakit mematikan seperti penyakit stroke dan serangan jantung.


Beirkut ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para pekerja kantoran untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuhnya, yaitu :

1. Berhenti merokok dan hindari asap rokok

Merokok merupakan perilaku yang dapat merusak tubuh anda secara perlahan - lahan. Karbon monoksida, nikotin, dan berbagai zat lain yang terkandung didalam rokok diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL serta kadar lemak darah atau trigliserida didalam tubuh. Kedua zat tersebut dapat membentuk plak yang menyumbat pembuluh darah. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pekerja kantoran untuk menurunkan kadar LDL didalam tubuh adalah dengan berhenti merokok. Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika seseorang berhenti merokok, maka kadar HDL atau kolesterol baik didalam tubuhnya meningkat dan kadar LDL atau kolesterol jahat didalam tubuhnya pun menurun. Selain berhenti merokok, anda juga harus menghindari asap rokok supaya kolesterol jahat yang ada didalam asap rokok tidak masuk kedalam tubuh anda.

2. Kurangi naik lift

Salah satu kunci untuk mengendalikan kadar kolesterol didalam tubuh adalah dengan memperbanyak aktifitas fisik. Anda bisa memulainya dengan naik tingga dan tidak menggunakan lift jika ruang kerja anda berada dilantai atas. Dengan gerakan naik turun tangga, anda sudah membantu membakar lemak yang ada didalam tubuh anda, sehingga kadar kolesterol jahat pun hilang bersama lemak yang terbakar.

3. Kurangi mengkonsumsi junk food


Ketika jam istirahat, pekerja kantoran sering memesan makanan cepat saji sebagai menu makan siangnya. Kebiasaan ini bukanlah kebiasaan dan harus segera dihentikan. Makanan cepat saji memiliki sebutan sebagai makanan junk food karena makanan cepat diketahui memiliki kandungan lemak dan kolesterol jahat yang sangat tinggi sehingga jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Oleh karena itu, mulailah ganti menu makan siang anda dengan menu makanan sehat. Anda bisa membawa bekal dari rumah dengan menu 4 sehat 5 sempurna dan tidak lupa juga siapkan sayuran rebus sebagai camilan anda jika anda merasa lapar sebelum jam makan siang.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search