Saturday, December 14, 2019

Ketahui Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan


Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari. Banyak sekali jenis jamur yang dapat dikonsumsi seperti jamur kuping, jamur kancing, jamur shitake, dan jamur tiram. Jamur tiram sendiri merupakan jenis jamur konsumsi yang berasal dari kelompok basidiomycota dengan ciri - ciri umum yaitu memiliki tubuh buah yang berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram yang ada di lautan dengan bagian tengah yang agak cekung. Jamur tiram sering diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti sup jamur, tumis jamur, hingga makanan kekinian yaitu jamur krispi. Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, jamur tiram ternyata juga kaya akan kandungan zat gizi. Dalam 100 gram jamur tiram, mengandung setidaknya 30 kalori energi, 1,9 gram protein, 0,1 gram lemak, 5,5 gram karbohidrat, serta 3,6 gram serat.

Selain itu, jamur tiram juga mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin D, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng. Oleh karena itu, tidak heran jika jamur tiram memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat jamur tiram bagi kesehatan yang pelru anda ketahui, yaitu :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam journal of traditional and complementary medicine menemukan fakta bahwa jamur tiram berpotensi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan bahan aktif yang terkandung didalam jamur tiram yang dapat merangsang makrofag untuk bekerja lebih aktif. Makrofag sendiri merupakan salah satu bagian dari sel darah putih yang bertugas untuk melawan virus, bakteri dan berbagai mikroorganisme lainnya.

2. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam clinical and experimental pharmacology and physiology menemukan fakta bahwa jamur tiram dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol total dalam darah. Temuan ini juga didukung dengan penelitian lain yang menemukan fakta bahwa konsumsi jamur tiram rutin selama 24 hari dapat menurunkan kolesterol pada penderita diabetes tanpa memberikan efek samping pada hati dan ginjalnya. Manfaat jamur tiram ini bisa diperoleh karena adanya kandungan lovastatin yang membantu mengatur sirkulasi kadar kolesterol darah.

3. Membantu mencegah kanker


Jamur tiram ternyata memiliki manfaat menakjubkan, yaitu dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam international journal of oncology tahun 2008 menyatakan bahwa suplemen yang terbuat dari ekstrak jamur tiram dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker usus besar. Selain itu, suplemen ini juga dapat membantu mencegah penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya. Hal ini karena adanya kandungan betaglukan dan glikoprotein didalam jamur tiram yang dapat meningkatkan respons antikanker didalam tubuh secara alami.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search