Saturday, December 14, 2019

Ketahui Jenis Vitamin Yang Harus Dipenuhi Oleh Ibu Menyusui

Ketahui Jenis Vitamin Yang Harus Dipenuhi Oleh Ibu Menyusui


Vitamin merupakan suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dan berfungsi untuk mengatur proses metabolisme didalam tubuh. Ada banyak sekali jenis vitamin yang tersebar didalam berbagai jenis makanan maupun minuman seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Kesemua jenis vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta menunjang berbagai aktivitas tubuh. Tetapi, ada beberapa jenis vitamin yang harus dikonsumsi lebih banyak oleh ibu hamil dan ibu menyusui karena ibu hamil dan ibu menyusui memerlukan vitamin dan nutrisi lebih banyak daripada orang biasa untuk menjaga kesehatan dirinya dan juga kesehatan bayinya.

Selama masa menyusui, seorang wanita dituntut untuk memastikan produksi ASI baik kuantitas maupun kulaitasnya agar tetap memadai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.


Dari beragam asupan zat gizi, berikut ini merupakan beberapa jenis vitamin yang tidak boleh terlewatkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, yaitu :

1. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat larut dalam air. Vitamin ini banyak terkandung didalam aneka sayuran dan buah - buahan. Ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan vitamin C hariannya sebesar 25 miligram dari kebutuhan harian normalnya. Menurut angka kecukupan gizi yang ditetapkan oleh kementrian kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan vitamin C untuk wanita usia subur atau usia 20 - 35 tahun sekitar 75 mg per hari. Jadi, jika anda berusia antara 20 - 35 tahun dan anda juga sedang menyusui, maka kebutuhan harian vitamin C anda menjadi 100 mg per hari. Vitamin C merupakan jenis vitamin yang termasuk dalam kategori antioksidan. Selain dapat melindungi tubuh serangan radikal bebas, vitamin C juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka sekaligus penyerapan zat besi.

2. Vitamin B12

Sama seperti vitamin C, vitamin B12 juga termasuk vitamin yang dapat larut dalam air. Vitamin B12 merupakan vitamin yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bayi yang menyusui dari ibu yang mendapatkan asupan vitamin B12 yang baik, juga akan menerima cukup vitamin B12. Sebaliknya, apabila seorang ibu mengalami kekurang vitamin B12, maka bayinya juga berisiko mengalami kekurangan vitamin tersebut. Mengutip dari centers for disease control and prevention, kekurangan vitamin B12 pada bayi dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan terjadinya kerusakan otak permanen pada bayi. Oleh karena itu, ibu menyusui yang berusia sekitar 20 - 35 tahun dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12 hariannya sebesar 2,8 mikrogram per hari.

3. Vitamin D


Vitamin D termasuk kelompok vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin D juga memiliki manfaat jika dikonsumsi oleh ibu menyusui, yaitu bisa membantu mendukung perkembangan tulang yang sehat pada bayi. Kekurangan vitamin D, dapat meningkatkan risiko bayi terserang penyakit rakitis atau yang disebut sebagai rickets atau rickettsia. Penyakit rakitis merupakan penyakit kelainan tulang yang salah satunya disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh. Sebenarnya, kondisi kekurangan vitamin D pada bayi sangat jarang terjadi. Tetapi, tidak ada salahnya jika ibu menyusui berusaha untuk memenuhi kebutuhan vitamin D hariannya yaitu sebesar 15 mikrogram per hari, untuk meminimalisir risiko terjadinya penyakit tersebut.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search