Saturday, December 14, 2019

Fakta Menopause yang Perlu Kamu Ketahui

Fakta Menopause yang Perlu Kamu Ketahui



Apa itu Menopause?


Setiap perempuan normalnya akan mengalami menopause di usia lanjut. Umumnya terjadi pada akhir usia 40 tahun atau awal 50 tahun. Menopause adalah fase berhentinya siklus menstruasi.

Berbagai perubahan terjadi saat perempuan mengalami fase ini. Beberapa gejalanya adalah berkurangnya produksi hormon estrogen dan progesteron di indung telur.

Selain itu gejala menopause juga ditandai dengan bertambahnya berat badan, hot flashes (rasa panas dari dalam tubuh), hingga keringnya organ intim.

Dalam artikel ini, kamu bisa mengetahui apa saja 10 fakta tentang menopause yang harus kamu pahami. Agar kamu bisa mengantisipasi bagaimana menjaga kesehatan organ reproduksi yang tepat saat menopause tiba.


8 Fakta tentang Menopause


1. Usia berapa Perempuan Mengalami Menopause?

Kapan seseorang mengalami menopause dipengaruhi oleh faktor genetik. Kebanyakan perempuan mengalami menopause di usia antara 45 hingga 55 tahun. Ditandai dengan berkurangnya fungsi ovarium dalam memproduksi sel telur sejak beberapa tahun sebelumnya. Meskipun ada pula sebagian perempuan yang masih menstruasi hingga mendekati usia 60 tahun.

2. Perimenopause dan menopause: Apa bedanya?

Istilah perimenopause diartikan sebagai masa-masa tepat sebelum periode menopause berlangsung.

Selama perimenopause, tubuh perempuan bersiap mengalami transisi menuju fase menopause. Artinya, produksi hormon dari ovarium atau indung telur mulai berkurang. Beberapa gejala menopause seperti hot flashes mulai bermunculan. Siklus haid pun semakin tidak teratur.

Sementara fase menopause mulai berlangsung jika kamu mulai berhenti mengalami haid selama 12 bulan berturut-turut.

3. Gejala-gejala Menopause

Perempuan yang mengalami menopause akan mengalami penurunan kadar estrogen. Gejala yang paling sering muncul adalah rasa panas atau hot flashes di pagi maupun malam hari. Selain itu kemunculan gejala seperti nyeri otot dan sendi yang disebut arthralgia atau perubahan mood juga bisa menjadi pertanda.

4. Gangguan Tidur selama Menopause

Selama menuju menopause, perempuan akan sulit tidur. Keringat dingin sering muncul di malam hari, sehingga membuat kenyamanan berkurang. Tidur pun terasa terganggu seiring dengan kecemasan yang meningkat (anxiety).

5. Sering Buang Air Kecil

Masalah yang juga bisa dialami oleh perempuan menopause adalah gangguan dalam siklus berkemih. Perempuan menopause mudah mengalami infeksi saluran kencing seperti cystitis. Selain itu sering buang air kecil juga menjadi problem yang terjadi saat menopause tiba.

6. Perubahan Mood dan Emosi

Meningkatnya masalah psikis, depresi, kecemasan, dan mood yang buruk muncul selama periode menopause berlangsung.

Perubahan hormon tampaknya menjadi penyebab perubahan mood dan psikis. Gangguan emosi ini seiring dengan gangguan tidur sehingga semakin memperparah kondisi psikologis perempuan menopause.

7. Berkurangnya kemampuan untuk berpikir dan fokus belajar.

Menopause bisa memengaruhi fungsi kognitif seperti kemampuan dalam fokus dan konsentrasi. Beberapa perempuan juga mengalami masalah dalam mengingat dan kesulitan dalam fokus dalam jangka waktu lama.


8. Bagaimana menopause memengaruhi kesehatan tulang?

Produksi estrogen yang semakin menipis memengaruhi jumlah kalsium dalam tulang. Kepadatan tulang pun berkurang sehingga menyebabkan osteoporosis. Penurunan kalsium ini juga memberikan dampak pada tulang sehingga perempuan menopause lebih rentan dengan cedera tulang.



Tips Menjaga Kesehatan di Saat Menopause


  • Perbanyak konsumsi kalsium. Baik dari produk susu, sayuran hijau, atau suplemen.
  • Lakukan jalan-jalan pagi secara rutin untuk mendapat vitamin D alami dan menjaga kesehatan tulang.
  • Hindari rokok dan alkohol.
  • Jaga berat badan tetap ideal dengan mengatur pola makan sehat bergizi.
  • Kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kondisi lain.


Bicarakan pada dokter tentang perubahan terkait menopause yang kamu alami untuk solusi lebih lanjut. Dokter akan membantu melihat gejala-gejala yang kamu alami dan menyesuaikan dengan gaya hidupmu.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search