Saturday, December 14, 2019

Ketahui Manfaat Daun Kucai Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Daun Kucai Bagi Kesehatan


Sudah lama daun kucai digunakan dalam pengobatan tradisional tionghoa. Tumbuhan ini sering dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti kelelahan, pengobatan penyakit hati, ginjal, dan pencernaan. Tidak hanya itu, daun kucai juga dapat digunakan untuk mengobati luka dan gigitan serangga. Tetapi, seringkali orang - orang salah mengira antara daun kucai dan daun bawang. Karena keduanya memiliki bentuk fisik yang hampir serupa. Tanaman kucai sendiri memiliki nama ilmiah allium tuberosum. Tanaman ini termasuk kedalam genus bawang, sehingga bentuknya hampir menyerupai daun bawang.


Berikut ini merupakan ciri - ciri dari daun kucai supaya anda tidak salah dalam mengenali tanaman ini, yaitu :
  • Bunga kucai. Bunga kucai terletak dibagian paling atas tanaman ini. Bunga kucai memiliki warna putih dan sangat indah untuk dipandang. Tanaman kucai juga sering dipajang sebagai tanaman hias karena memiliki bunga yang indah.
  • Tanaman kucai (daunnya). Tanaman kucai memiliki tunas yang berwarna hijau. Tunas tanaman ini tumbuh panjang dan subur, sehingga bisa dianggap juga sebagai daunnya.
  • Bawang kucai (umbinya). Tanaman kucai memiliki umbi yang berwarna putih yang tumbuh dipangkal tanaman. Umbi dari tanaman kucai juga sering disebut dengan bawang kucai.
  • Akar kucai. Akar kucai tumbuh dibagian bawah umbi atau tanaman.
  • Rasa bawang kucai. Bawang kucai memiliki rasa yang sangat kuat dan mirip seperti bawang putih.

Meskipun sudah dijelaskan mengenai ciri - ciri dari tanaman kucai, tetapi masih banyak orang yang sulit membedakan antara daun kucai dengan daun bawang.


Berikut ini merupakan beberapa perbedaan antara daun kucai dan daun bawang, yaitu :
  • Kucai memiliki daun yang lebih kecil jika dibandingkan dengan daun bawang.
  • Daun kucai cenderung lebih tipis daripada daun bawang. Selain lebih padat, daun bawang juga umumnya memiliki rongga yang lebih besar.
  • Seluruh permukaan kucai dari ujung ke ujung berwarna hijau pekat. Sementara pada daun bawang, dari bagian bawah batang hingga akarnya berwarna putih.

Setelah mengetahui perbedaan antara daun kucai dan daun bawang, kita juga perlu mengetahui tentang manfaat daun kucai bagi kesehatan, yaitu :

1. Menurunkan kolesterol

Daun kucai diketahui mengandung allicin, yaitu suatu organosulfur yang diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Senyawa allicin dalam tanaman kucai bertugas untuk melepaskan zat nitri oksida, sehingga membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Tanaman ini juga mengandung quercetin yaitu senyawa yang dapat mengurangi risiko penumpukan plak di area arteri.

2. Baik untuk tulang

Daun kucai memiliki kandungan vitamin K yang berlimpah. Seperti ayng telah kita ketahui bersama bahwa vitamin K merupakan vitamin yang sangat penting untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Hal ini karena vitamin K dapat meningkatkan produksi protein tulang didalam tubuh yang disebut osteocalcin. Osteocalcin inilah yang berperan penting untuk menjaga kepadatan mineral tulang.

3. Meningkatkan penglihatan


Daun kucai juga diketahui mengandung senyawa karoten lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa tersebut diketahui dapat membantu mengurangi stress oksidatif pada mata dan memperlambat perkembangan katarak.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search