Saturday, December 14, 2019

Ketahui Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan


Siapa yang tidak tahu dengan rempah yang satu ini. Lada hitam telah menjadi primadona sejak zaman penjajahan belanda. Bahkan, bangsa barat pada abad ke 17 rela mengarungi samudera untuk memperoleh rempah yang satu ini, yang kala itu hanya ada di kepulauan Maluku saja. Tanaman lada sendiri merupakan tanaman yang kaya akan berbagai kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, dan pati. Lada memiliki rasa yang sedikit pahit, pedas, hangat, dan bersifat antipiretik. Tanaman lada terbagi menjadi dua jenis, yaitu lada putih dan lada hitam. Kedua jenis lada tersebut sering digunakan sebagai rempah untuk melezatkan masakan. Selain dijadikan penyedap masakan, lada juga dapat diolah menjadi obat tradisional yang dapat menyembuhkan penyakit, terutama jenis lada hitam.

Selain dapat meningkatkan rasa dan aroma makanan, lada hitam ternyata juga mengandung berbagai senyawa aktif yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berdasarkan data nutrition value, tanaman lada hitam mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti vitamin A, B, dan K serta berbagai mineral penting seperti kalium, kalsium, tembaga, zat besi, dan mangan. Berbagai kandungan nutrisi tersebut membuat lada hitam menjadi rempah yang kaya akan manfaat.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat lada hitam bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Mengurangi terjadinya peradangan

Peradangan merupakan suatu efek dari aktifnya sistem imun tubuh dalam melawan infeksi yang berusaha masuk kedalam tubuh. Kondisi ini muncul secara alami terutama ketika anda mengalami luka. Dengan adanya peradangan, tubuh mengalami pergantian sel - sel baru sehingga luka yang terjadi menjadi lebih cepat pulih. Selain peradangan ringan dalam bentuk luka, ada juga peradangan yang bersifat berat seperti Alzheimer, rheumatoid arthritis dan penyakit Parkinson yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lada hitam memiliki senyawa aktif yang bersifat antiinflamasi dan anti peradangan yang bekerja dengan cara  menghambat produksi enzim tertentu yang menyebabkan terjadinya peradangan pada tubuh.

2. Membantu menangkal serangan radikal bebas

Lada hitam diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan tersebut sangat bermanfaat untuk membantu melawan radikal bebas yang mencoba menyerang tubuh. Radikal bebas sendiri merupakan molekul yang dapat merusak sel, protein, dan DNA sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti kanker, penuaan dini, dan aterosklerosis. Pada studi ini diketahui bahwa terdapat aktivitas antioksidan piperine pada lada hitam yang menghambat serangan radikal bebas. Sehingga jika anda mengkonsumsi suplemen atau obat herbal yang berbahan dasar lada hitam, maupun mengkonsumsi makanan yang telah ditambahkan dengan lada hitam, maka anda dapat terhidar dari paparan radikal bebas.

3. Berpotensi melawan infeksi bakteri


Infeksi pada tubuh tidak hanya disebabkan oleh virus dan jamur saja, tetapi juga dapat disebabkan oleh bakteri. Salah satu tanaman yang dapat melawan infeksi bakteri adalah lada hitam. Sebuah studi menemukan fakta bahwa ekstrak lada hitam dapat menghambat penyebaran bakteri staphylococcus, bacillus, dan streptococcus. Semua jenis bakteri tersebut diketahui dapat menyebabkan sepsis atau infeksi bakteri dalam darah, impetigo, radang tenggorokan, dan meningitis. Sifat antibakteri yang ada pada lada hitam juga dapat digunakan untuk mengawetkan makanan supaya makanan tidak mudah busuk.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search