Saturday, December 14, 2019

Ketahui Manfaat Teripang Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Teripang Bagi Kesehatan


Pernahkah anda mendengar atau bahkan mengetahui hewan teripang? Bagi anda yang tinggal didaerah perkotaan mungkin sangat asing mendengar nama hewan yang satu ini. Tetapi, bagi orang - orang yang tinggal di pesisir pantai sudah tidak asing lagi dengan hewan teripang. Teripang merupkan salah satu jenis hewan laut yang berjalan lambat dan memiliki nama latin holothuroidea. Hewan ini juga dikenal dengan nama timun laut karena bentuknya yang menyerupai buah mentimun dan sering di temui dilaut wilayah perairan dangkal. Teripang merupakan hewan laut yang sangat mudah ditemukan di negara tropis, salah satunya Indonesia. Tidak hanya sebagai hiasan aquarium ataupun sebagai biota laut yang ditemukan saat snorkeling saja, teripang ternyata juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai manfaat hewan teripang bagi kesehatan manusia.

Teripang merupakan hewan laut yang memiliki bentuk seperti cacing atau ulat yang cukup besar dan bertekstur lunak. Hewan laut ini biasa ditemukan di laut dangkal dan dapat dibudidayakan untuk keperluan konsumsi. Teripang sering digunakan sebagai bahan obat herbal dalam pengobatan tradisional masyarakat tionghoa. Selain dapat digunakan sebagai obat, teripang juga sering diolah dengan cara dikeringkan, digoreng, diasamkan, atau dapat pula dimakan mentah - mentah. Teripang memiliki rasa yang sedikit hambar, sehingga hewan laut ini sering dijadikan sebagai bahan campuran sup, tumisan, ataupun bisa dicampur dengan bahan makanan lain seperti daging untuk dikonsumsi sehari - hari.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat teripang bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Mampu melawan kanker

Teripang mengandung zat yang disebut sitotoksin. Sitotoksin sendiri merupakan zat yang terbukti dapat melawan sel kanker. Sebuah penelitian terhadap teripang yang ditemukan di perairan Vietnam menemukan zat sitotoksik pada teripang. Zat ini diketahui memiliki efek perlawanan pada lima jenis sel kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kulit. Studi lain juga menemukan fakta bahwa teripang mengandung zat triterpen yang diketahui dapat mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker pada hati manusia.

2. Membantu mengatasi masalah gusi

Dimuat dalam journal of oral science, pasta gigi yang mengandung ekstrak teripang diketahui bermanfaat untuk orang yang memiliki penyakit gusi. Hal ini dikarenakan sebuah penelitian yang meneliti 28 orang dewasa pengidap penyakit gusi, menyarankan mereka untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak teripang. Hasilnya adalah para peserta yang menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak teripang terbukti masalah gusinya membaik, seperti gusi sudah jarang berdarah dan plak gigipun sudah mulai berkurang.

3. Mengandung protein tinggi

Teripang merupakan salah satu jenis hewan laut yang memiliki kandungan protein yang paling tinggi dibanding dengan jenis hewan laut lainnya. Bahkan, hewan laut ini juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang didapatkan dari putih telur. Oleh karena itu, teripang juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung dan juga bagi anda yang sedang melakukan diet tinggi protein.


Tetapi, anda tidak boleh mengkonsumsi teripang jika anda memiliki alergi terhadap hidangan laut. Anda juga tidak boleh mengkonsumsi teripang jika anda sedang dalam masa pengobatan menggunakan obat pengencer darah. Hal ini karena teripang mengandung zat antikoagulan yang harus anda hindari jika anda sedang mengkonsumsi obat semacam aspirin atau warfarin. Penting juga untuk selalu melakukan konsultasi dengan dokter anda sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi teripang. Perlu anda ingat juga bahwa tidak semua suplemen teripang aman untuk dikonsumsi. Hal ini karena manfaat teripang masih memerlukan penelitian lebih lanjut.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search