Saturday, December 14, 2019

Ketahui Manfaat Teh Daun Sage Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Teh Daun Sage Bagi Kesehatan



Apakah anda pernah mendengar atau mengetahui tentang tanaman sage ? Sebagian orang mungkin masih asing dengan tanaman sage. Sage merupakan tanaman herbal yang daunnya sering dimanfaatkan sebagai obat. Daun sage juga sering digunakan sebagai bumbu atau rempah dalam masakan. Sedangkan dalam bidang industri, tanaman ini banyak digunakan sebagai salah satu komponen pengharum dalam produk sabun maupun produk kosmetik. Sage merupakan tanaman yang berasal dari pantai utara mediterania, sehingga sangat wajar jika masyarakat Indonesia tidak begitu mengenal tanaman yang satu ini. Tanaman sage masih satu keluarga dengan tanaman oregano, lavender, rosemary, thyme, dan basil, sehingga bentuk tanaman sage hampir serupa dengan tanaman - tanaman tersebut.

Tanaman sage memiliki daun dan bunga yang berwarna hijau keabuan. Ada sekitar 900 spesies sage yang tersebar di dunia, terutama disekitaran mediterania. Selain dapat digunakan sebagai rempah ataupun sebagai pengharum dalam produk kosmetik, tanaman sage ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Hal ini dikarenakan daun sage memiliki berbagai kandungan nutrisi penting seperti magnesium, fosfor, kalium, folat, beta karoten, vitamin A, Vitamin K, dan berbagai zat lainnya. Untuk mendapatkan manfaat dari daun sage, and abisa mengolahnya menjadi teh daun sage. Daun sage tergolong kedalam daun dari keluarga mint, sehingga teh dari daun sage memiliki aroma yang kuat dan rasa natural ketika diminum.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat kesehatan yang dapat anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsi daun sage, yaitu :

1. Memperbaiki fungsi otak

Teh daun sage diketahui memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah banyak, sehingga memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan terutama untuk menangkal berbagai jenis radikal bebas yang berkaitan dengan penyakit kronik. Selain itu, teh daun sage juga memiliki kandungan asam klorogenat, asam kafeat, maupun asam ellegic yang dapat menurunkan risiko kanker dan memperbaiki fungsi serta memori otak.

2. Meringankan gejala menopause

Menopause merupakan kondisi ketika seorang perempuan tidak lagi mengalami siklus menstruasi. Kondisi ini biasa terjadi pada wanita yang berusia diatas 50 tahun. Menjelang menopause, umumnya wanita mengalami penurunan kadar hormon estrogen didalam tubuhnya. Kondisi ini umumnya ditandai dengan gejala keringat berlebih, kering pada vagina, sensasi kepanasan, dan mudah marah. Teh daun sage diketahui dapat meringankan gejala menopause. Hal ini karena daun sage memiliki komponen yang sifatnya mirip dengan hormon estrogen, sehingga dapat merangsang reseptor dalam otak untuk meringankan gejala menopause, terutama untuk meredakan gejala keringat berlebihan.

3. Menurunkan kolesterol


Menurut studi yang dipublikasikan dalam international journal of molecular science, konsumsi teh daun sage selama 4 minggu dapat memperbaiki kadar kolesterol pada partisipan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa partisipan yang terlibat mengalami kadar kolesterol LDL. Meskipun demikian, para peneliti mengatakan bahwa teh daun sage hanya mempengaruhi kadar kolestrol saja tetapi tidak berpengaruh pada kadar gula dalam darah.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search