Saturday, December 14, 2019

Ketahui Vitamin Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

Ketahui Vitamin Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan


Vitamin merupakan suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin, manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya sehari - hari dengan baik. Salah satu fungsi vitamin yang cukup penting adalah untuk menjaga saluran pernapasan. Seperti kita ketahui bersama bahwa, saluran pernapasan merupakan salah satu organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Karena, jika saluran napas terganggu maka proses bernapas juga dapat terganggu yang dapat mengakibatkan sulit bernapas hingga dapat menimbulkan kematian jika tidak segera ditangani.

Untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. mulai dari berhenti merokok, mengurangi paparan polusi, menjaga kebersihan rumah, hingga mengkonsumsi makanan yang baik untuk saluran pernapasan. Jika anda memiliki sistem pernapasna yang sehat, maka anda pun dapat bernapas dengan lega tanpa hambatan sedikitpun. Anda dapat menghirup udara segar dengan bebas, mencium aroma harum dari masakan, dan dapat melakukan aktivitas tanpa diganggu dengan hidung tersumbat, batuk, maupun sesak napas. Untuk menjaga saluran pernapasan supaya tetap sehat, anda memerlukan asupan beberapa jenis vitamin.


Berikut ini merupakan beberapa macam vitamin yang dapat anda gunakan untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan anda, yaitu :

1. Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin C bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat dan melindungi sel - sel tubuh dari berbagai zat yang berbahaya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan didalam jurnal nutrients, vitamin C sangat berguna untuk perawatan sekaligus pencegahan penyakit asma. Vitamin ini diketahui dapat meningkatkan fungsi paru - paru, mengurangi stress oksidatif, dan mengurangi kerusakan di jaringan paru - paru. Tidak hanya berasal dari suplemen saja, manfaat vitamin C juga bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, stroberi, mangga, kiwi, jambu biji, paprika, dan sayuran berdaun hijau.

2. Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang dapat anda gunakan untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan anda. Bersama dengan vitamin C, vitamin E bertugas untuk mengurangi terjadinya peradangan pada paru - paru dan mengurangi terjadinya stress oksidatif pada tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin E yang rendah selama masa kehamilan bisa meningkatkan risiko alergi bagi ibu dan asma pada bayinya.

3. Vitamin D


Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tulang, vitamin D ternyata juga baik untuk sistem pernapasan. Vitamin D diketahui memberikan perlindungan tubuh dari infeksi bakteri yang terkait dengan masalah pernapasan, mempercepat penyembuhan luka, serta mendukung paru - paru untuk bekerja secara normal. Anda bisa mendapatkan manfaat dari vitamin D ini dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini seperti ikan salmon, telur, keju, dan produk susu.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search