Tuesday, January 7, 2020

4 Hal Ini Efektif Mencegah Stres pada ODHA

4 Hal Ini Efektif Mencegah Stres pada ODHA


Stres dan tertekan bisa menghantui siapa saja yang sudah didiagnosis positif HIV/AIDS. Penyakit Human Immunodeficiency Virus atau HIV sendiri adalah penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh manusia. Jika positif terkena HIV, maka orang tersebut akan sangat mudah terinfeksi penyakit lain. Karena begitu rentannya daya tubuh orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Beberapa gejala HIV yang muncul dalam rentang waktu 2-4 minggu setelah pertama terinfeksi, meliputi:

     Gejala sakit seperti flu
     Demam ringan
     Sakit kepala
     Tubuh terasa lemas
     Nyeri otot
     Kelelahan
     Muncul ruam merah di tubuh



Stres pada ODHA: Bisa Memperburuk Kondisi Tubuh Penderita

Jika gejala-gejala HIV muncul bersama dengan kondisi mental ODHA yang turun, maka dampaknya bisa semakin buruk. Daya tahan tubuh ODHA sendiri sudah melemah dengan masuknya virus yang menggerogoti sel-sel imunitas. Akibatnya tubuh ODHA semakin mudah terserang penyakit. Jika stres pada ODHA dibiarkan, maka semakin cepat tubuh pasien melemah dan berkembangnya HIV menjadi AIDS.

Perubahan fase dari HIV ke AIDS sendiri relatif bervariasi, tergantung dari daya tahan tubuh ODHA. Kekebalan tubuh erat kaitannya dengan kesehatan psikis. Di mana aktivitas harian, semangat untuk sembuh, dan semangat hidup bisa meningkatkan kualitas seseorang, termasuk memperpanjang harapan hidup.



4 Cara untuk Mencegah Stres pada ODHA

Penderita HIV dan AIDS hanyalah manusia biasa yang tentu membutuhkan dukungan, kasih sayang, dan harapan untuk menjalani hari-hari mereka yang berat. Apalagi rasa sakit akibat penyakit yang menggerogoti mereka sudah cukup memberikan rasa tertekan dan tidak nyaman.

Tak ingin kondisi mereka semakin memburuk, yuk, bantu mereka dengan memberikan motivasi untuk melakukan 3 hal berikut ini:

1. Jalin hubungan dengan komunitas yang peduli dengan ODHA

Mendapatkan dukungan dari komunitas yang peduli dengan isu-isu kesehatan mental maupun permasalahan ODHA bisa membantu untuk mengatasi depresi dan stres. Komunitas biasanya membantu anggotanya untuk memperoleh bantuan, dukungan, dan saling berjaringan untuk membantu menguatkan satu sama lain.
Bergabung dengan komunitas dan meminta bantuan seperti konseling atau diskusi bukanlah kelemahan. Namun itu merupakan cara agar kesehatan mental ODHA bisa kembali bersemangat dengan dukungan sesama.


2. Olah raga untuk meningkatkan level endorfin

Stres bisa diatasi dengan meningkatkan level endorfin yang memadai. Olah raga adalah salah satu cara terbaik untuk memperoleh hormon kebahagiaan ini. Bukan hanya karena olah raga  bisa meningkatkan neurotransmitter yang memperbaiki mood positif dan endorfin. Olah raga juga bisa menambah level energi, meredakan otot yang kaku, meminimalkan rasa lelah dan stres.

Meski olah raga baik untuk tubuh, pastikan juga ODHA mampu menjalaninya sesuai dengan saran dokter. Pilih olah raga yang aman dan tidak membuat penderita semakin sakit dengan kondisinya.


3. Abaikan pikiran negatif

Pikiran negatif menjadi penyebab depresi dan stres berkepanjangan. Ganti perasaan dan pikiran negatif dengan hal-hal positif. Terapkan konseling atau melakukan hal-hal yang menenangkan (seperti yoga). Bisa juga mengusir rasa negatif dengan meditasi atau teknik menenangkan pikiran.


4. Lakukan hobi dan kegiatan favorit

Lakukan hal-hal yang bisa menyenangkan dan membuat rileks. Salah satunya adalah dengan mengerjakan hobi atau kegiatan positif. Contohnya adalah, melakukan gaya hidup sehat, mempelajari ilmu baru, berbisnis, atau traveling ke tempat yang kamu suka.

Lawan penyakit dengan mencegah stres berkepanjangan. Ringankan beban ODHA untuk selalu memotivasi langkah mereka terkait hal-hal positif dan selalu menjalani gaya hidup sehat untuk mencapai harapan hidup yang lebih panjang.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search