Tuesday, January 14, 2020

Ketahui Manfaat Minyak Bunga Kamboja Yang Jarang Diketahui

Ketahui Manfaat Minyak Bunga Kamboja Yang Jarang Diketahui


Indonesia, merupakan Negara yang masih kental dengan hal - hal yang berbau mistis, salah satunya adalah tentang bunga kamboja. Masyarakat Indonesia mengenal bunga kamboja sebagai bunga-nya orang mati karena banyak ditemui di pemakaman umum. Bahkan, ada pula yang menyatakan bahwa jika mencium aroma bunga kamboja, itu merupakan pertanda bahwa ada kehadiran makhluk halus di sekitarnya. Padahal, hal tersebut hanyalah mitos semata yang hingga saat ini belum terbukti kebenarannya. Faktanya, bunga kamboja merupakan salah satu jenis bunga yang sangat bermanfaat dan bisa memiliki nilai ekonomis. Di luar negeri, bunga kamboja sering diolah menjadi minyak essensial dan juga dapat digunakan sebagai campuran parfum dengan jenis bunga lainnya.

Bunga kamboja merupakan tanaman yang banyak ditemukan di wilayah amerika tengah, meksiko, kepulauan karibia, serta di wilayah tropis lainnya termasuk di Indonesia.


Meskipun belum terkenal seperti minyak essensial lainnya, minyak kamboja diketahui memiliki beragam manfaat, yaitu :

1. Meredakan nyeri saat persalinan

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa wanita yang sedang menjalani proses persalinan mengalami nyeri dengan tingkat keparahan 7 - 9. Tetapi, setelah dipijat dengan minyak bunga kamboja, keparahan nyeri yang dirasakan mengalami penurunan hingga setengahnya, yaitu diangka 4 - 6 saja atau nyeri sedang.

2. Membantu melancarkan proses persalinan

Selain dapat digunakan untuk meringankan rasa nyeri saat proses persalinan, minya kamboja juga diketahui dapat mengurangi perilaku agresif serta meringankan keletihan fisik dan mental selama proses persalinan. Wanita yang mendapatkan pijatan dengan menggunakan minyak akmboja cenderung lebih tenang ketika menghadapi proses persalinan. Hal ini membuat persalinan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

3. Meredakan stress dan memberikan sensasi relaksasi

Minyak bunga kamboja diketahui memiliki beberapa senyawa yang berkaitan dengan reseptor hidung seperti geraniol, citronellol, dan linalool. Berbagai senyawa tersebut kemudian diteruskan ke hippotalamus pada otak untuk meredakan stress. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengoleskan minyak bunga kamboja langsung pada kulit. Senyawa yang terkandung didalam bunga kamboja akan berikatan dengan steroid, lalu memicu produksi enkephalin dan hormon endorphin yang memberikan rasa rileks serta mengurangi cemas.

4. Sumber antioksidan


Minyak bunga kamboja diketahui memiliki beberapa senyawa antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, dan tannin. Ketiga senyawa tersebut berfungsi untuk menjaga sel - sel tubuh anda dari radikal bebas. Dengan demikian, sel - sel tubuh anda dapat terlindungi dari risiko mutasi, peradangan, kerusakan, hingga pembentukan tumor dan kanker.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search