Tuesday, January 14, 2020

Mengulik Manfaat Daun Insulin Dalam Mengendalikan Penyakit Diabetes

Mengulik Manfaat Daun Insulin Dalam Mengendalikan Penyakit Diabetes


Daun insulin? mungkin nama daun tersebut masih sangat asing di telinga kita. Dalam kehidupan sehari - hari, kita lebih mengenal nama hormon insulin yang sangat penting untuk mengendalikan penyakit diabetes. Tetapi, anda juga perlu mengetahui tentang daun yang satu ini. Daun insulin atau daun yakon memiliki nama ilmiah smallanthus sonchifolius. Daun insulin awalnya berasal dari pegunungan andes utara dan tengah, kemudian tersebar dari kolombia ke argentina utara. Daun insulin termasuk kedalam jenis tanaman obat dan memiliki manfaat yang luar biasa. Tanaman ini diketahui memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. Dibalik kehebatannya dalam mengendalikan kadar gula darah penderita diabetes, sayangnya daun insulin masih sulit ditemukan karena jumlahnya yang sangat sedikit.

Tanaman insulin memiliki ciri khas yaitu memiliki rasa yang manis pad abagian daunnya, serta resin dan bunganya yang mirip dengan bunga violet. Rasa manis yang ada pada daun insulin diduga karena adanya kandungan hormon insulin pada tanaman tersebut. Menurut Michael Hermann dari research project leader of the Andean roots and tubers, daun insulin diketahui memiliki kandungan fruktosa sekitar 35%. Tanaman ini juga kaya akan insulin yang dapat dicerna oleh enzim pencernaan dan dapat difermentasikan oleh usus besar. Penelitian lain yang dilakukan di Negara india juga melaporkan bahwa daun insulin mampu menurunkan kadar gula darah puasa ke taraf normal pada tikus lab yang mengalami hiperglikemia setelah diinduksi dengan obat dexamethasone.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat lain dari daun insulin selain mengendalikan penyakit diabetes, yaitu :

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Negara india, efek penurunan tekanan darah dari daun insulin berasal dari efek diuretiknya yang mirip seperti kerja obat furosemide. Furosemide sendiri merupakan obat diuretic yang dapat digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Penelitian ini membandingkan efek daun insulin dengan dosis 100 dan 200 mg per kilogram berat badan dengan obat furosemide per 4 mg/kg. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa daun insulin memiliki efek penurunan kadar kalium dan natrium yang sama banyaknya dengan obat furosemide.

2. Mengandung antioksidan

Daun insulin diketahui memiliki dua senyawa antioksidan yaitu quercetin dan diosgenin. Kedua senyawa antioksidan tersebut berfungsi untuk melawan efek radikal bebas pad aorgan hati, pankreas, dan ginjal tikus yang mengalami diabetes. Penelitian lain juga menemukan fakta bahwa daun insulin memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yaitu sekitar 89,5% sampai 90%.

3. Bersifat antimikroba


Daun insulin juga diketahui memiliki kandungan methanol yang berfungsi untuk mengehentika perkembangan jenis bakteri tertentu. Beberapa jenis bakteri yang dapat dihentikan aktivitasnya oleh daun insulin diantaranya bacillus megaterium, micrococcus leuteus, staphylococcus aureus, dan berbagai jenis bakteri lainnya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search