Tuesday, January 7, 2020

Amikacin : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Akibat Infeksi Bakteri

Amikacin : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Akibat Infeksi Bakteri

Mungkin anda masih asing dengan obat yang bernama amikacin. Amikacin merupakan salah satu obat yang termasuk dalam golongan obat - obatan antibiotik. Antibiotik sendiri merupakan segolongan molekul baik yang terbentuk secara sintetis maupun alami, yang memiliki efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia pada organisme, khususnya dalam proses infeksi pada organisme bakteri. Penggunaan obat antibiotik umumnya berkaitan dengan pengobatan penyakit infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri. Meskipun demikian, obat antibiotik juga bisa digunakan dalam bidang bioteknologi dan rekayasa genetika sebagai alat seleksi terhadap mutan atau transforman.

Amikacin merupakan obat yang termasok kedalam golongan antibiotik yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri, karena obat amikacin bisa membuat bakteri gagal memproduksi protein utnuk bertahan hidup pada tubuh seseorang. Amikacin merupakan obat yang termasuk jenis antibiotik aminoglikosida yang tersedia dalam bentuk larutan injeksi. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri, seperti infeksi persendian, infeksi intraabdominal, meningitis, pneumonia, sepsis, dan infeksi saluran kemih.

Amikacin merupakan obat yang hanya tersedia dalam bentuk larutan injeksi, sehingga obat ini hanya bisa diberikan melalui suntikan yang hanya bisa dilakukan oleh para professional kesehatan seperti dokter atau perawat. Obat ini biasanya diberikan setiap 8 jam atau sesuai dengan arahan dari dokter anda. Dosis obat amikacin diberikan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, gunakan pada interval waktu yang sama selama dalam masa pengobatan. Amikacin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab seperti di kamar mandi.


Dosis amikacin untuk orang dewasa
  • Obat ini diberikan melalui injeksi setiap 8 jam selama masa pengobatan.


Dosis amikacin untuk anak - anak
  • Hingga saat ini, belum ditemukan dosis obat amikacin yang pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika diberikan kepada anak - anak, sehingga obat ini hanya diperuntukkan penggunaannya untuk pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat amikacin juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat amikacin, yaitu :
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Kehilangan nafsu makan
  • Terjadi nyeri atau iritasi pada bekas suntikan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search