Tuesday, January 7, 2020

Ketahui Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan


Pisang merupakan salah satu buah yang sangat terkenal di Indonesia. Selain rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, buah pisang juga kaya akan manfaat. Tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat bagi kesehatan, jantung pisang pun juga tidak kalah bermanfaat. Jantung pisang sendiri merupakan salah satu bagian dari pohon pisang atau lebih tepatnya bunga pohon pisang yang kaya akan berbagai kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, mineral, fosfor, kalsium, vitamin B1, vitamin C, serta kandungan serat yang cukup tinggi. Dengan kata lain, jantung pisang merupakan salah satu bahan pangan dengan kandungan nutrisi yang paling lengkap. Selain itu, jantung pisang juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet karena kandungan lemaknya yang sangat sedikit dan bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Semua bagian dari pohon pisang bisa kita manfaatkan, mulai dari bagian akar sampai dengan daunnya. Tetapi, bagian dari jantung pisang juga tidak boleh dilewatkan. Berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan berhasil mengungkap berbagai khasiat yang ada pada jantung pisang.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa anda peroleh jika rutin mengkonsumsi jantung pisang, yaitu :

1. Mengatasi pembesaran prostat jinak

Pembesaran prostat jinak atau benign prostatic hyperlapsia merupakan kondisi yang biasanya terjadi pada pria dan ditandai dengan melemahnya kandung kemih sehingga urine tidak bisa keluar seutuhnya. Jantung pisang diketahui memiliki manfaat yaitu dapat mengatasi masalah pembesaran prostat jinak. Hal ini karena jantung pisang mengandung asam sitrat, taurin, asam pantotenat, dan nikotinat. Senyawa tersebut diketahui mampu menjadi agen antiinflamasi dan antiprofilerasi pada pasien pembesaran prostat jinak. Bahkan, dalam sebuah penelitian, ekstrak jantung pisang juga diketahui dapat mengurangi pembesaran prostat dan memperbaiki morfologi prostat yang rusak.

2. Menangkal radikal bebas

Debu, asap, udara kotor, dan berbagai zat polutan lainnya merupakan beberapa unsur yang disebut sebagai radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan suatu zat atau senyawa yang dihasilkakn oleh polusi udara yang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan sistem saraf pusat, gangguan autoimun, gangguan sistem kardiovaskular, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Jantung pisang diketahui memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga mampu mencegah terjadinya stress oksidatif. Senayawa polifenol dan flavonoid yang terkandung didalam jantung pisang diketahui dapat melindungi tubuh dari kerusakan DNA akibat iron mediated fenton atau senyawa yang ditimbulkan dari reaksi radikal bebas.

3. Mendukung diet sehat


Jika anda merupakan seseorang yang sedang menjalani diet, anda bisa mencoba jantung pisang sebagai makanan sehari - hari anda. Kombinasi jantung pisang dan batang tengah pisang diketahui dapat memberikan pemenuhan nutrisi secara sehat. Hal ini karena jantung pisang merupakan sumber yang baik untuk nutrisi mikro dan nutrisi makro. Selain itu, kandungan asam linoleat yang ada pada jantung pisang diketahui dapat meningkatkan kerja imunitas tubuh melalui kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Karena sifatnya yang kaya akan nutrisi, anda bisa memasukkan jantung pisang kedalam menu diet tinggi serat dan rendah lemak.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search