Tuesday, January 14, 2020

Aminofilin : Obat Untuk Meredakan Batuk Dan Kesulitan Bernapas

Aminofilin : Obat Untuk Meredakan Batuk Dan Kesulitan Bernapas


Paru - paru merupakan salah satu anggota dari organ tubuh manusia yang bertugas mengatur sistem pernapasan. Paru - paru berfungsi untuk menukar oksigen yang didapat dari udara dengan karbondioksida yang diperoleh dari darah. Paru - paru terletak pada dua sisi dada manusia, yaitu pada sisi kiri dan sisi kanan. Kedua sisi paru - paru tersebut dipisahkan oleh mediastinum dan dilindungi oleh tulang rusuk. Paru - paru juga merupakan organ paling penting dalam tubuh manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya. Hal ini karena jika fungsi kerja paru - paru mengalami gangguan, maka hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kesehatan manusia, terutama kesehatan pernapasan.

Penyakit paru - paru merupakan suatu kondisi yang membuat paru - paru tidak dapat bekerja secara optimal. Hal ini tentunya dapat menyebabkan timbulnya gangguan pada sistem pernapasan. Beberapa kondisi gangguan pernapasan yang paling umum terjadi diantaranya asma, penyakit paru obstruktif kronis, pneumonia, tuberculosis, dan kanker paru. Gangguan yang terjadi pada paru - paru bisa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya faktor genetik, kebiasaan merokok, polusi udara, dan paparan bahan kimia di tempat kerja. Penyakit - penyakit tersebut umumnya ditandai dengan gejala - gejala yang hampir serupa yaitu sulit bernapas, batuk kronis, mengi, dan nyeri dada. Bahkan, pada kondisi penyakit paru - paru yang sudah parah, dapat menyebabkan pasien mengalami batuk berdarah, infeksi kronis, dan kegagalan pernapasan.

Oleh karena itu, sebelum penyakit paru - paru semakin memburuk, sebaiknya anda harus segera mengobatinya. Salah satu obat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gejala - gejala umum pada penyakit paru - paru adalah aminofilin. Aminofilin merupakan obat yang digunakan untuk mengobati batuk dan kesulitan bernapas yang disebabkan oleh penyakit paru - paru yang berkepanjangan seperti asma, emfisema, dan bronkitis kronis. Aminofilin termasuk kedalam kelas obat xanthine. Obat ini bekerja dengan cara merilekskan otot - otot saluran pernapasan, membuka jalur udara untuk memulihkan pernapasan, serta mengurangi respon paru - paru terhadap berbagai zat asing. Aminofilin bekerja secara bertahap dan hasilnya tidak dapat muncul dalam waktu singkat. Obat ini juga tidak bisa digunakan untuk mengobati serangan gangguan pernapasan yang terjadi secara mendadak.

Aminofilin merupakan obat yang bisa diminum baik sebelum makan maupun sesudah makan. Obat ini biasanya diminum sebanyak 2 - 4 kali sehari atau sesuai dengan arahan dokter. Obat ini sebaiknya dikonsumsi tanpa makanan, tetapi jika obat ini membuat anda sakit perut, maka anda boleh mengkonsumsi obat ini dengan makanan. Jangan menghancurkan ataupun mengunyah tablet karena dapat melepaskan semua obat dalam sekali waktu yang dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Aminofilin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpan obat ini pada tempat yang lembab.


Dosis aminofilin untuk orang dewasa
  • Dosis awal : 6,3 mg/kg secara oral sekali sehari.
  • Dosis perawatan bagi orang yang merokok : 19 mg/kg/hari dalam dosis terpisah.
  • Dosis perawatan bagi orang yang tidak merokok : 12,5 mg/kg/hari dalam dosis terpisah.


Dosis aminofilin untuk anak - anak

Dosis anak untuk apnea premature :
  • Dosis awal : 5 - 6 mg/kg diberikan melalui infus selama 20 - 30 menit.
  • Dosis perawatan : 3 - 8 mg/kg/hari terpisah setiap 6 - 12 jam.
Dosis anak untuk asma akut :
  • Dosis awal : 6 mg/kg diberikan melalui infus sekali selama 20 - 30 menit.
  • Dosis perawatan : 1 - 1,2 mg/kg/jam melalui infus intravena berkelanjutan.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, aminofilin juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat aminofilin, yaitu :
  • Mual ringan, nafsu makan berkurang, dan berat badan menurun.
  • Gelisah, gemetaran, dan insomnia.
  • Sakit kepala, meras aingin pingsan, dan pusing.
  • Jumlah urine meningkat.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search