Tuesday, January 14, 2020

Ketahui Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan


Pernahkah anda mencicipi minuman biji selasih? Tentu rasanya sangat menyegarkan. Tetapi, tahukah anda mengenai tanaman selasih? Selasih atau basil merupakan Segolongan tanaman yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah - rempah serta dapat diolah menjadi penyegar atau tonikum. Tanaman ini memiliki bau dan rasa yang khas, terkadang langu, harum, dan manis tergantung kultivarnya. Berbagai tradisi masakan didunia seperti italia, cina, india, dan Thailand banyak menggunakan daun selasih sebagai penyedap masakan. Di Indonesia, tanaman selasih baru dimanfaatkan pada bagian bijinya saja dan sering digunakan sebagai campuran minuman penyegar. Sedangkan, daun selasih sering dimakan mentah sebagai lalapan.

Hingga saat ini, penggunaan tanaman selasih khususnya bagian bijinya diindonesia baru sebatas sebagai topping minuman saja. Padahal, manfaat dari biji selasih juga tidak kalah hebat dari biji - bijian lainnya seperti biji chia, biji rami, dan jenis biji lainnya.


Berikut ini merupakan manfaat kesehatan yang bisa anda peroleh jika rutin mengkonsumsi biji selasih, yaitu :

1. Merawat kecantikan kulit

Jika kita berbicara tentang perempuan, pasti tidak akan jauh tentang masalah kecantikan. Yaps, kecantikan kerupakan salah satu hal terpenting bagi perempuan. Kaum hawa rela mengeluarkan biaya lebih untuk menjaga kecantikan kulitnya. Padahal, anda sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya bisar untuk merawat kecantikan kulit. Anda hanya perlu rutin mengkonsumsi biji selasih. Hal ini karena biji selasih mengandung banyak sekali antioksidan. Senyawa antioksidan yang ada didalam biji selasih diantaranya polifenol, flavonoid, orientin, dan vicentin. Berbagai senyawa ini diketahui mampu memelihara kesehatan kulit dengan cara menangkal radikal bebas yang merusak sel - sel kulit.

2. Menurunkan jumlah kolesterol

Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam Indian journal of experimental biology, biji selasih diketahui memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. Konsumsi biji selasih secara rutin diketahui berpotensi menurunkan jumlah kolesterol total serta kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein). LDL sendiri merupakan jenis kolesterol jahat yang dapat memicu terbentuknya plak pada pembuluh darah. Selain itu, biji selasih juga kaya akan serat dan antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa asupan serat berguna untuk menjaga jumlah kolesterol normal. Sedangkan antioksidan berperan utnuk melindungi pembuluh darah dan mencegah terjaidnya pembentukan plak didalam pembuluh darah.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan


Biji selasih diketahui memiliki kandungan serat prebiotik yang disebut pektin. Prebiotik sendiri merupakan suatu senyawa yang berfungi untuk meningkatkan bakteri baik didalam usus manusia. Bakteri - bakteri baik tersebut mampu membantu proses pencernaan serta mencegah penyakit pada saluran cerna akibat bakteri jahat. Tidak hanya itu, pektin diketahui juga dapat menunda pengosongan lambung dan meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa kenyang.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search