Tuesday, January 14, 2020

Ketahui Manfaat Teh Putih Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Teh Putih Bagi Kesehatan


Meskipun tidak sepopuler teh hijau dan berbagai jenis teh lainnya, manfaat dari teh putih juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Teh putih sendiri merupakan pucuk daun teh yang dikeringkan setelah dipetik tanpa disangrai maupun dioksidasi. Sama seperti jenis teh lainnya, teh putih juga berasal dari tanaman camellia sinensis. Tetapi, yang membedakan teh putih dengan teh jenis lainnya adalah cara pengolahannya. Selain itu, teh putih juga terkadang mengandung kuncup bunga dan kuncup daun teh dengan kadar kafein yang diketahui lebih rendah dibandingkan dengan akdar kafein yang ada pada daun yang lebih tua. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa teh putih mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan dengan teh hijau maupun dengan jenis teh lainnya.

Kurang populernya teh putih di kalangan masyarakat bukanlah tanpa sebab. Hal ini karena teh putih merupakan jenis teh yang paling langka dan yang paling mahal didunia. Harganya yang sangat mahal terkadang menjadikan teh putih sebagai simbol status sosial seseorang. Teh putih awalnya berasal dari Negara cina yang lebih tepatnya pada zaman dinasti song pada tahun 1279 - 690 sebelum masehi. Mulanya, teh putih diproduksi sangat terbatas dan peruntukkannya hanya untuk dikonsumsi oleh kaisar dan keluarganya saja. Tetapi, pada tahun 1891 negara cina memutuskan untuk mulai mengekspor teh putih ke beberapa Negara sehingga akhirnya teh putih tersebar ke seluruh dunia.

Teh putih memiliki aroma bunga yang sangat serta dengan cita rasa yang agak manis dan lembut di lidah. Hal ini menimbulkan nuansa yang dalam ketika seseorang meneguk teh putih. sehingga dengan mencicipi teh putih, maka anda akan terasa seperti dibawa pada keaslian tanaman teh yang sejati. Selain itu, teh putih diketahui juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa anda peroleh jika anda rutin mengkonsumsi teh putih, yaitu :

1. Melawan radikal bebas

Teh putih diketahui kaya akan senyawa polifenol yang disebut dengan katekin. Polifenol sendiri merupakan molekul nabati yang berperan sebagai antioksidan didalam tubuh. Antioksidan merupakan suatu zat atau senyawa yang membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa radikal beba memiliki efek yang sangat berbahaya bagi tubuh, yaitu dapat memicu timbulnya berbagai penyakit mematikan seperti peradangan kronis, kanker, hingga penuaan dini.

2. Melindungi otak

Teh putih diketahui memiliki kandungan senyawa polifenol EGCG didalamnya. Polifenol EGCG sendiri merupakan senyawa yang diketahui mampu menurunkan risiko berkembangnya penyakit Parkinson dan Alzheimer. Selain itu, polifenol EGCG juga diketahui dapat mencegah terjadinya penggumpalan protein di otak. Hal ini tentunya dapat membuat anda terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan rusaknya sel otak seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

3. Menurunkan risiko osteoporosis


Osteoporosis merupakan suatu kondisi kesehatan yang disebut sebagai pengeroposan tulang. Salah satu penyebab utama dari osteoporosis adalah karena adanya peradangan kronis didalam tubuh. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menekan pertumbuhan sel yang membantu pertumbuhan tulang dan mendorong produksi sel yang memecah tulang. Hal ini dapat mengakibatkan kondisi pengeroposan tulang tidak dapat lagi dihindarkan. Teh putih mengandung senyawa katekin yang diketahui dapat melawan proses pengeroposan tulang dan merangsang proses pertumbuhan tulang. Sehingga, resiko terserang osteoporosis pun bisa dihindari.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search