Tuesday, January 14, 2020

Ketahui Manfaat Air Rebusan Kayu Manis Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Air Rebusan Kayu Manis Bagi Kesehatan


Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah - rempah yang sering tersedia di dapur anda. Kayu manis sering digunakan sebagai bumbu dapur dan berfungsi untuk rasa dan aroma pada masakan. Kayu manis sendiri termasuk jenis rempah - rempah yang sangat beraroma, manis, dan pedas. Tanaman ini juga merupakan salah satu bumbu rempah tertua yang digunakan di dunia. Bumbu ini pertama kali digunakan oleh orang - orang mesir kuno sekitar tahun 5000 sebelum masehi. Kayu manis juga sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk meredakan berbagai penyakit dengan dicampur madu. Kayu manis sering digunakan untuk mengobati penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.

Untuk mendapatkan manfaat dari kayu manis, anda bisa merebus kayu manis untuk diminum air rebusannya. Air rebusan dari tanaman kayu manis ini diketahui mengandung cinnamaldehyde yang merupakan senyawa organik yang berpotensi dapat menurunkan berat badan. 


Selain itu, air rebusan  kayu manis juga memiliki beragam manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh, diantaranya :

1. Kaya akan antioksidan

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah yang diketahui kaya akan zat antioksidan. Zat antioksidan sendiri merupakan suatu senyawa yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Hal ini berarti, asupan antioksidan yang cukup dari air rebusan kayu manis dapat membantu anda meminimalisir risiko terserang berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

2. Menurunkan peradangan dan menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ada didalam kayu manis bisa menurunkan tanda - tanda peradangan. Hal ini tentunya menjadi kabar baik karena peradangan merupakan akar dan biang keladi dari timbulnya berbagai penyakit. Selain itu, para ahli juga menyebutkan bahwa kayu manis memiliki manfaat yaitu dapat mengurangi tekanan darah, trigliserida, hingga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat pada sebagian orang.

3. Mengurangi gula darah

Kayu manis diketahui memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Rempah - rempah ini menunjukkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh hormon insulin. Selain itu, senyawa yang terkandung didalam tanaman kayu manis juga bisa mengurangi kadar gula darah dan kondisi resistensi insulin. Hal ini tentunya bisa meningkatkan efektivitas kerja insulin didalam tubuh.

4. Membatu menurunkan berat badan


Tanaman kayu manis juga diketahui dapat membantu menurunkan berat badan, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet. Beberapa penelitian berhasil menemukan hubungan antara mengkonsumsi kayu manis dengan penurunan kadar lemak di lingkar pinggang.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search