Tuesday, January 7, 2020

Antalgin : Obat Untuk Meredakan Nyeri Setelah Operasi

Antalgin : Obat Untuk Meredakan Nyeri Setelah Operasi


Banyak sekali orang yang akan menjalani prosedur operasi hanya fokus pada keberhasilan prosedur operasi tersebut. Padahal, ada hal lain yang juga harus diperhitungkan ketika akan menjalani prosedur operasi, yaitu efek samping yang mungkin terjadi akibat dari menjalani prosedur operasi tersebut. Banyak sekali kemungkinan efek samping yang dapat terjadi akibat menjalani prosedur operasi seperti susah buang air kecil, merawak luka sayatan bekas operasi, sembelit, demam, hingga depresi. Tetapi, biasanya tim dokter sudah melakukan antisipasi terhadap berbagai kemungkinan terjadinya efek samping akibat menjalani operasi, salah satunya adalah kemungkinan terjadinya demam dan timbulnya rasa nyeri akibat operasi. Untuk mengatasi hal tersebut, dokter biasanya akan memberikan obat - obatan jenis analgesik, salah satunya adalah antalgin.

Antalgin merupakan obat yang digunakan untuk meredakan nyeri yang timbul karena demam atau sehabis menjalani prosedur operasi. Antalgin mengandung zat aktif metamizole dan bekerja dengan cara menghambat peradangan ditubuh yang menjadi penyebab munculnya rasa nyeri. Obat ini tidak dijual bebas dipasaran dan hanya bisa didapatkan dengan menunjukkan resep dari dokter. Antalgin adalah obat yang harus dikonsumsi setelah makan. Telanlah obat dengan bantuan air putih. Jangan mengunyah atau menghancurkan tablet karena dapat meningkatkan risiko timbulnya efek samping obat. Antalgin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.

Dosis antalgin untuk orang dewasa
  • Untuk nyeri hebat karena demam gunakan 0,5 hingga 1 gram obat sebanyak 3 - 4 kali sehari.
  • Konsumsi maksimal obat adalah 4 gram dalam sehari.
  • Obat ini tidak boleh digunakan untuk jangka waktu lebih dari 5 hari.


Dosis antalgin untuk anak - anak
  • Hingga saat ini, belum ditemukan dosis antalgin untuk anak - anak. Mungkin obat ini mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak. Sehingga, obat antalgin hanya diperuntukkan untuk pengobatan pasien dewasa.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, antalgin juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat antalgin. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat antalgin, yaitu :
·         Mnegantuk
·         Sakit kepala
·         Pusing
·         Tekanan darah rendah
·         Tremor
·         Lemas
·         Mual
·         Sulit buang air kecil
·         Konstipasi
·         Diare

·         Sakit perut



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search