Tuesday, January 7, 2020

Ketahui Penyebab Perut Begah Dan Cara mengatasinya

Ketahui Penyebab Perut Begah Dan Cara mengatasinya


Perut begah merupakan suatu kondisi ketika perut kita membesar meskipun baru mengkonsumsi sedikit makanan ataupun minuman saja. Kondisi perut yang begah ini tentunya dapat menimbulkan rasa ketidak nyamanan dan dapat membuat perut kita terlihat membuncit. Perut begah umumnya disebabkan oleh produksi gas berlebihan yang diproduksi oleh lambung kita. Begah biasanya dapat terjaid karena kebanyakan makan, intoleransi makanan tertentu, ataupun adanya gangguan pada pergerakan otot - otot sistem pencernaan. Perut begah umumya ditandai dengan kondisi perut yang terasa kencang, keras dan padat.


Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

1. Terlalu banyak menelan udara

Salah satu hal yang bisa membuat perut and aterasa begah adalah karena anda terlalu banyak menelan udara. Udara bisa tertelan ketika anda makan secara cepat, mengobrol sambil makan, ataupun ketika mengunyah permen karet. Pada dasarnya, perut sudah mengandung gas yang dihasilkan oleh usus. Ini merupakan proses yang normal jika jumlah gas yang ada didalam perut tidak terlalu banyak. Tetapi, jika semakin banyak gas yang terperangkap di perut, tentunya akan membuat perut terasa keras, padat, dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

2. Mengkonsumsi makanan tertentu

Perut anda juga bisa mengalami begah jika and amengkonsumsi suatu makanan tertentu yang sulit dicerna oleh tubuh seperti kembang kol, brokoli, kacang - kacangan, dan berbagai produk lain yang mengandung karbohidrat sehingga lebih lama diolah oleh usus. Selama makanan tersebut mengendap didalam perut, maka bakteri yang ada didalam usus akan menghasilkan gas hidrogen dan gas karbondioksida yang dapat menyebabkan perut kembung dan terasa begah. Selain itu, mengkonsumsi makanan berlemak dalam jumlah banyak juga bisa membuat perut anda menjadi begah.

3. Pertumbuhan bakteri

Penyebablain yang bisa menyebabkan perut terasa begah adalah Karena pesatnya pertumbuhan bakteri yang ada didalam perut. Bakteri yang tumbuh dan berkembang secara berlebihan akan meningkatkan produksi gas dalam usus sehingga menyebabkan perut kembung dan terasa begah.

4. Penyebab lain

Selain ketiga penyebab diatas, ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat perut menjadi kembugn dan terasa begah, diantaranya :
  • Irritable bowel syndrome : Kombinasi gejala gangguan pencernaan (kembung, kram, sakit perut, diare, atau sembelit) yangberlangsung lama.
  • Penyakit celiac : Penyakit autoimun yang menyerang usus kecil.
  • Gastroparesis : Gangguan pencernaan yang ditandai dengan gerakan makanan yang lambat saat berpindah dari usus kecil ke usus besar.


Ketika anda mengalami perut begah, maka akan ada beberapa tanda yang akan anda alami, diantaranya :
  • Bersendawa. Sendawa merupakan ciri khas ketika perut menglaami kembung atau begah. Bersendawa merupakan proses normal, ketika tubuh mengeluarkan udara yang menumpuk dari dalam perut.
  • Perut membesar. Sensasi penuh dan padat dari dalam perut dapat membaut perut and amembuncit serta membesar. Hal ini disebabkan karena gas dan sisa makanan yang menumpuk didalam perut.
  • Kentut. Seperti sendawa, kentut atau buang angin merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan gas dari dlaam tubuh melalui anus. Angin yang keluar saat kentut umumnya merupakan kombinasi antara gas yang dihasilkan dari sisa - sisa makanan yang tidak tercerna.


Untuk mengatasi perut begah, anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini, yaitu :

1. Beraktivitas ringan

Untuk mengatasi perut begah, and abisa beraktivitas ringan selama 30 menut, baik di pagi hari maupun di sore hari untuk melancarkan gerak usus. Ketika usus anda bekerja dengan baik, gas yang terjebak didalam perut akan keluar secara teratur melalui mekanisme kentut maupun sendawa. Usus yang bekerja normal juga dapat melancarkan frekuensi buang air besar sehingga anda terhindar dari sembelit.

2. Mengkonsumsi teh peppermint

Teh peppermint diyakini memiliki manfaat untuk mengatasi perut begah dan kembung. Teh ini bekerja dengna cara mengendurkan otot - otot usus, sehingga memungkinkan gas dan feses bergerak keluar melalui anus dengan lancar.

3. Hindari makanan yang bisa menyebabkan begah


Supaya terhindar dari perut begah, tentunya anda harus berupaya untuk menghindari berbagai makanan yang dapat membuat perut menjadi begah. Anda harus menghindari makanan yang sulit dicerna seperti kol, kacang - kacangan, dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda. Dengan demikian, anda bisa terhindar dari masalah perut begah.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search