Tuesday, January 7, 2020

Atasi Telinga Berdenging Dengan Manuver Valsava

Atasi Telinga Berdenging Dengan Manuver Valsava


Pernahkah anda mengalami telinga berdenging ? Kondisi telinga berdenging baisanya terjadi ketika di pesawat, ketika berada ditempat yang sangat sepi dan hening, dan juga dapat terjadi ketika kita akan tidur. Telinga berdenging atau yang memiliki nama ilmiah tinitus merupakan persepsi dering di telinga yang diakibatkan oleh suatu kondisi, seperti yang berkaitan dengan kehilangan pendengaran saat usia menua, cedera telinga, atau gangguan pada sistem sirkulasi udara didalam tubuh. Kondisi telinga berdenging termasuk kondisi umum dan mempengaruhi sekitar 1 dari 5 orang. Kondisi telinga berdenging terkadang dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan, bahkan bisa membuat kepala sangat sakit jika dengungnya sangat terasa sampai ke otak.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi telinga berdenging adalah dengan menggunakan metode manuver valsava. Manuver valsava merupakan salah satu cara bernapas yang dilakukan dengan cara meningkatkan tekanan udara didalam dada. Metode ini dapat membuat terjadinya perubahan detak jantung dan tekanan darah ketika mengeluarkan udara dari dalam tubuh saat lubang yang menghubungkan trakea dan faring tertutup. Metode manuver valsava pertama kali diperkenalkan oleh Antonio maria valsava pada tahun 1700. Metode ini awalnya digunakan untuk mengeluarkan nanah dari telinga. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, metode manuver valsava sangat berguna untuk kehidupan sehari - hari. 


Metode ini juga sering digunakan saat :
  • Mengejan ketika BAB.
  • Berlatih menggunakan saksofon.
  • Mengangkat beban yang berat.
  • Mengurangi dengungan di telinga.

Untuk melakukan manuver valsava, anda tidak memerlukan bantuan alat apapun. Metode ini cukup mudah dilakukan, yaitu dengan cara :
  • Tarik nafas dalam - dalam dan tahan napas selama beberapa detik.
  • Jika otot dada dan perut sudah dirasa kencang dan menekan, artinya anda sudah melakukan cara yang benar.
  • Tahan posisi tersebut selama 5 hingga 10 detik.
  • Tarik napas kembali dengan paksa agar dapat menghembuskannya dengan cepat.
  • Lanjutkan cara bernapas anda dengan normal.

Dilansir dari laman national center for biotechnology information, manuver valsava merupakan cara bernapas yang dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :
  • Fase 1. Pada saat anda menarik napas ketika caping hidung dijepit dan mulut ditutup, terjadi ketegangan didalam pembuluh darah anda yang akhirnya meningkatkan tekanan darah anda. Setelah itu, aliran darah melambat pada pembuluh darah besar dan mempengaruhi sirkulasi paru - paru.
  • Fase 2. Difase ini, tekanan darah kembali stabil karena jumlah darah yang terbatas di pembuluh darah kembali ke jantung. Akibatnya, darah yang dipompa dari jantung mengalami penurunan dan denyut jantung anda pun meningkat.
  • Fase 3. Sebelum anda kembali membuka cuping hidung anda dan mengakhiri manuver valsava, tekanan darah akan menurun beberapa saat dan membuat anda lebih rileks.
  • Fase 4. Tahap terakhir dari proses manuver valsava adalah darah anda akan kembali mengalir menuju jantung. Lalu, setelah detak jantung normal kembali, aliran darah pun berjalan seperti biasa dan tekanan darah kembali naik.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search