Tuesday, January 7, 2020

Canagliflozin : Obat Terapi Untuk Penderita Diabetes

Canagliflozin : Obat Terapi Untuk Penderita Diabetes


Diabetes merupakan penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat diseluruh dunia. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula atau glukosa didalam tubuh dengan salah satu gejala diantaranya adalah luka yang sulit sembuh dan cepat membusuk. Secara medis, diabetes memiliki pengertian yaitu suatu gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat dari insufisiensi fungsi insulin. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sedangkan jika tubuh manusia tidak memiliki insulin, maka sel - sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Tetapi, tingkat keparahan penyakit diabetes dapat dikendalikan untuk meningkatkan angka harapan hidup pada penderita diabetes. Untuk mengendalikan penyakit diabetes, anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis obat - obatan yang memang dibuat khusus sebagai obat terapi untuk pasien diabetes. Salah satu obat yang bisa anda gunakan sebagai obat terapi untuk penyakit diabetes adalah canagliflozin. Canagliflozin merupakan obat yang memang khusus dibuat untuk mengendalikan kadar gula atau glukosa pada penderita diabetes. Penggunaan obat ini harus diimbangi dengan diet yang benar serta program latihan fisik yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes.

Canagliflozin merupakan jenis obat oral yang dikonsumsi dengan cara diminum. Selain digunakan sebagai terapi bagi para penderita diabetes, jika diimbangi dengan diet sehat dan pola hidup sehat obat ini juga bisa mengatasi berbagai komplikasi penyakit yang ditimbulkan oleh penyakit diabetes seperti penyakit jantung, stroke, masalah  ginjal, kerusakan saraf, dan masalah mata. Anda bisa mengkonsumsi obat canagliflozin baik sebelum makan maupun sesudah makan. Selalu ikuti arahan dari dokter maupun petunjuk yang tertera pada kemasan obat sebelum and amengkonsumsi obat ini. Canagliflozin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpan obat ini pada tempat yang lembab.


Dosis canagliflozin pada orang dewasa
  • Penggunaan awal : 100 mg satu kali sehari.
  • Penggunaan lanjutan : 300 mg satu kali sehari.


Dosis canagliflozin pada anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis canagliflozin yang tepat untuk anak-  anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak, sehingga obat ini hanya diperuntukkan untuk pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, canagliflozin juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obata canagliflozin. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat canagliflozin, yaitu :
  • Kelelahan yang tidak wajar
  • Mual dan muntah
  • Nyeri pada perut
  • Sesak napas




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search