Tuesday, January 7, 2020

Pioglitazone : Obat Terapi Untuk Mengatasi Penyakit Diabetes

Pioglitazone : Obat Terapi Untuk Mengatasi Penyakit Diabetes


Penyakit diabetes bukanlah penyakit yang asing bagi masyarakat. Penyakit diabetes bahkan menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Dalam kehidupan sehari - hari, tentunya kita sudah sering mendengar tentang penyakit ini. Yaps, diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah didalam tubuh yang disebabkan oleh adanya gangguan pada proses metabolisme tubuh. Sensitivitas insulin merupakan penyebab utama dari adanya gangguan pada proses metabolisme tubuh. Hal ini terjadi ketika sel - sel pankreas gagal dalam memproduksi hormon insulin. Karena pasokan insulin yang tidak memadai inilah yang membuat kadar gula darah menjadi meningkat tajam dan berkembang menjadi penyakit diabetes.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang hingga saat ini belum diketahui obat untuk menyembuhkannya. Tetapi, anda bisa mengendalikannya supaya tidak berkembang menjadi semakin parah. Untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes, anda bisa menggunakan obat - obatan jenis anti diabetes, salah satunya adalah pioglitazone. Pioglitazone merupakan obat anti diabetes tipe thiazolidinediodine yang sering digunakan bersamaan dengan diet dan program olahraga untuk mengontrol tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Obat ini bekerja dengan cara membantu mengembalikan respon tubuh yang normal terhadap insulin, dan akan berdampak pada menurunnya kadar gula darah.

Dengan terkontrolnya kadar gula darah, maka para penderita diabetes bisa terhindar dari berbagai komplikasi penyakit mematikan serta dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, kehilangan kaki atau tangan, dan masalah disfungsi seksual. Pioglitazone merupakan jenis obat yang dikonsumsi dengan cara diminum. Obat ini dapat dikonsumsi baik dengan makanan ataupun tanpa makanan dan biasanya diberikan sekali sehari atau sesuai dengan anjuran dokter. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Piaoglitazone merupakan jenis obat yang paling baik jika disimpan didalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpanya pada tempat yang lembab.


Dosis pioglitazone untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk diabetes tipe 2 :
  • Dosis awal : 15 mg atau 30 mg via oral sekali sehari.
  • Dosis perawatan : 15 mg - 45 mg via oral sekali sehari.
  • Dosis maksimum : 45 mg via oral sekali sehari.


Dosis pioglitazone untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat pioglitazone yang tepat untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak. Sehingga obat ini tidak direkomendasikan untuk penggunaan pada pasien anak yang berusia dibawah 18 tahun.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, pioglitazone juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat menggunakan obat pioglitazone. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat pioglitazone, yaitu :
  • Gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin - bersin, batuk dna sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Berat badan naik perlahan
  • Nyeri otot
  • Nyeri punggung
  • Sakit gigi




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search