Tuesday, January 7, 2020

Tips Atasi Kolesterol Tinggi Pada Anak

Tips Atasi Kolesterol Tinggi Pada Anak


Penyakit Kolesterol tinggi tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja. Meskipun sangat jarang terjadi, penyakit kolesterol tinggi juga dapat menyerang anak - anak. Terlebih lagi, dizaman yang serba canggih dan serba instan seperti sekarang ini. Sekarang, anak - anak memiliki kecenderungan jarang beraktifitas fisik dan menghabiskan waktu seharian didepan gadget mereka, baik itu untuk bermain game, bermain media sosial, dan sebagainya. Selain itu, berbagai kemudahan juga diberikan oleh berbagai restauran cepat saji untuk memperoleh makanan tanpa harus keluar rumah. Dengan berbagai kemudahan dan kecanggihan tersebut, anak - anak menjadi semakin malas beraktifitas fisik dan juga memiliki kecenderungan mengkonsumsi makanan cepat saji secara tidak terkontrol. Hal ini tentunya membuat lemak didalam tubuh anak anda menjadi menumpuk dan membuat kadar kolesterol jahat didalam tubuhnya menjadi sangat tinggi.

Seperti yang kita ketahui bahwa makanan cepat saji merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan lemak tras atau lemak jahat yang cukup tinggi. Ditambah dengan minimnya aktifitas fisik, lemak tras tersebut lama kelamaan akan menumpuk dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Kolesterol sendiri merupakan nama lain dari lemak. Kolesterol jahat berasal dari lemak tras atau yang dikenal dengan kolesterol LDL. Jika kolesterol jahat menumpuk didalam tubuh, hal tersebut dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang dapat berujung pada beberapa penyakit kronis seperti obesitas, stroke, serangan jantung, dan sebagainya. Pada anak - anak, menumpuknya kolesterol jahat tersebut dapat menyebabkan terjadinya obesitas atau kegemukan. Jika dibiarkan dan tidak ditangani secara serius, kolesterol tinggi yang dialami anak tersebut akan berkembang menjadi penyakit serius serta akan semakin parah seiring dengan perkembangan usianya.

Perlu anda ketahui bahwa kadar kolesterol normal anak adalah dibawah angka 170 dan batasnya berada diangka 199. Kemudian, jika anak anda memiliki kadar kolesterol melebihi angka tersebut, maka dapat dipastikan bahwa anak anda mengidap penyakit kolesterol tinggi. Memang tidak mudah untuk mengatur asupan makanan si kecil, apalagi jika anak anda sudah mengidap kolesterol tinggi. Hal ini karena anak - anak cenderung memiliki sifat pilih - pilih makanan dan hanya mau mengkonsumsi makanan yang mereka sukai saja, meskipun makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan mereka. Oleh karena itu, diperlukan peran orang tua secara aktif untuk mengatur asupan makanan si kecil dan juga untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya serta senantiasa menjaga kesehatannya.


Untuk mengatasi kondisi kolesterol tinggi pada si kecil, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini, yaitu :

1. Atur asupan nutrisi anak anda

Diperlukan peran orang tua untuk selalu mengawasi dan memonitor makanan apa saja yang disantap oleh si kecil dari pagi hingga malam. Hal ini bertujuan untuk mempermudah anda dalam mengatur asupan nutrisi untuk anak anda. Jika anak anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji, anda bisa menggantinya dengan makanan sehat seperti sayur atau salad buah dan sebagainya. Hindari mengkonumsi makanan yang digoreng dan sebaiknya hanya mengkonsumsi makanan yang dikukus, direbus, dan di panggang saja sebagai menu makanan sehari - hari anak anda.

2. Ganti kebiasaan makan anak

Anak - anak, biasanya sangat menyukai makanan yang bersifat manis seperti permen dan es krim, dan juga makanan yang bersifat gurih seperti berbagai jenis makanan cepat saji. Kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan tidak sehat yang bisa membuat kadar kolesterol anak anda menjadi sangat tinggi serta dapat membuat anak anda rentan mengalami kegemukan atau obesitas. Jika hanya sesekali waktu, maka boleh saja anak anda mengkonsumsi makanan - makanan tersebut. Tetapi, jika kebiasaan ini dilakukan setiap hari, maka anda harus rubah kebiasaan anak anda. Contohnya, jika anak anda gemar mengkonsumsi es krim atau sangat menyukai keju, anda bisa mengganti es krim ataupun keju yang disukai oleh anak anda dengan es krim dan keju yang rendah lemak. Selalu biasakan anak anda untuk mengkonsumsi sayur dan buah dan usahakan buatlah anak anda menyukai beragam makanan sehat seperti sayur, buah, ikan, dan sebagainya.

3. Ajak anak untuk berolahraga rutin


Seperti yang telah kita bahas pada bagian atas, anak - anak zaman sekarang memiliki kecenderungan mager alias males gerak. Anak - anak kuat bertahan seharian dengan minim aktifitas fisik dan hanya menatap layar gadgetnya saja. Dengan minimnya aktifitas fisik, lemak yang ada didalam tubuh anak anda tidak dapat terbakar dan akan terus menumpuk sehingga dapat menyebabkan obesitas dan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, cobalah untuk mengajak anak anda berolahraga rutin, minimal setiap akhir pekan. Ajaklah anak anda untuk jogging santai di taman, bermain bulu tangkis, bermain sepak bola, atau jika anda menguasai beladiri anda juga bisa mengajari anak anda tentang beladiri yang anda kuasai. Selain dapat membuat anak anda berkeringat dan lebih sehat, latihan beladiri juga bisa meningkatkan kepercayaan diri anak anda dan juga supaya anak anda bisa melindungi dirinya ketika suatu saat dalam keadaan bahaya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search