Tuesday, January 7, 2020

Ketahui Manfaat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan


Bagi anda yang pernah menonton serial film anak hamtaro, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan biji bunga matahari. Yaps, biji bunga matahari merupakan makanan favorit para hamster di serial kartun anak tersebut. Selain disukai oleh para hamster, biji bunga matahari juga disukai oleh manusia juga loh. Kita mengenal biji bunga matahari tersebut dengan nama kuaci. Selain dapat dikonsumsi bijinya dengan cara disangrai terlebih dahulu, biji bunga matahari juga bisa dioleh menjadi minyak yang tentunya sangat kaya akan manfaat. Secara umum, bunga matahari merupakan tumbuhan semusim dari suku kenikir - kenikiran. Bunga dari tumbuhan ini juga sangat khas, yaitu berbentuk besar, berwarna kuning terang, dan dengan kepala bunga yang bisa mencapai diameter 30 cm.

Bunga matahari merupakan tumbuhan semusim yang berasal dari amerika latin bagian utara, tepatnya dari Negara meksiko. Tanaman ini memiliki tinggi antara 3 meter hingga 5 meter tergantung dari varietasnya. Bunga matahari merupakan salah satu bunga favorit yang sering dibudidayakan. Setidaknya, ada 4 kelompok budidaya bunga matahari yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. 


Berikut ini merupakan 4 jenis budidaya bunga matahari, yaitu :
  • Kelompok penghasil minyak. Kelompok ini membudidayakan bunga matahari dengan tujuan untuk menghasilkan minyak. Perlu anda ketahui bahwa biji bunga matahari memiliki cangkang biji yang tipis. Kandungan minyak yang ada didalam biji bunga matahari sekitar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak, diperlukan biji dari 60 tandan bunga majemuk.
  • Kelompok pakan ternak. Kelompok ini membudidayakan bunga matahari untuk dijadikan pakan ternak. Mereka memanfaatkan daun dari bunga matahari untuk dijadikan pakan ternak maupun untuk diolah menjadi pupuk hijau.
  • Kelompok tanaman hias. Kelompok ini membudidayakan bunga matahari untuk dijadikan tanaman hias untuk menghiasi pekarangan rumah.
  • Kelompok kuaci. Kelompok ini membudidayakan bunga matahari untuk dipanen bijinya sebagai bahan pangan.


Selain memiliki nilai ekonomis, Biji bunga matahari ternyata juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa anda peroleh jika rutin mengkonsumsi biji bunga matahari, yaitu :

1. Membantu mengurangi osteoporosis dan kram otot

Biji bunga matahari diketahui memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi yang mampu menyeimbangkan kadar kalium dan kalsium di dalam tubuh. Selain itu, kandungan magnesium yang ada pada biji bunga matahari juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang dan juga dapat membantu mengurangi sakit kepala kronis, sembelit dan kram pada otot.

2. Membantu menjaga kesehatan kulit

Banyak penelitian yang telah membuktikan kehebatan biji bunga matahari dalam hal menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E dalam jumlah yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan asam lemak esensial yang ada pada biji bunga matahari juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan terbebas dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

3. Mencegah diabetes


Nutrisi yang terkandung didalam biji bunga matahari diketahui dapat membantu menghentikan lonjakan dan penurunan gula darah yang sering dialami oleh orang - orang yang menjalani diet yang terlalu tinggi gula, biji - bijian olahan, minuman manis, dan makanan olahan. Selain itu, manfaat lain yang ditemukan pada biji bunga matahari adalah adanya kandungan magnesium yang memiliki efek perlindungan terhadap risiko perkembangan penyakit diabetes tipe 2.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search