Tuesday, January 14, 2020

Hyoscine : Obat Untuk Mengurangi Mual Dan Muntah Akibat Mabuk Darat

Hyoscine : Obat Untuk Mengurangi Mual Dan Muntah Akibat Mabuk Darat


Pernahkah anda mengalami mual dan muntah saat sedang dalam perjalanan ? Mabuk ketika dalam perjalanan merupakan hal yang sangat umum terjadi. Mabuk perjalanan bisa dialami oleh siapa saja, tetapi paling rentan dialami oleh anak - anak dan wanita hamil. Mabuk perjalanan juga disebut sebagai morning sickness atau penyakit yang diakibatkan oleh gerakan. Kondisi mabuk perjalanan juga terbagi menjadi beberapa jenis tergantung dari kendaraan atau transportasi yang digunakan, yaitu mabuk darat jika menggunakan transportasi darat, mabuk laut jika menggunakan transportasi laut, dan mabuk udara jika menggunakan transportasi udara seperti pesawat terbang. Kondisi mabuk bisa terjadi ketika sistem saraf pusat menerima pesan yang bertentangan dari tubuh yang mempengaruhi keseimbangan.

Salah satu kondisi mabuk perjalanan yang paling sering terjadi adalah mabuk darat. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna transportasi darat jauh lebih banyak dibandingkan pengguna transportasi laut maupun transportasi udara. Kondisi mabuk darat selain disebabkan karena gerakan kendaraan selama perjalanan juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti kondisi jalanan yang tidak rata ketika dilewati, adanya bau - bau tajam dan tidak mengenakkan selama di perjalanan, serta kurangnya kadar oksigen dan tingginya kadar karbon dioksida didalam kendaraan. Ketika seseorang mengalami mabuk darat, tubuh orang tersebut biasanya akan merespon dengan memunculkan rasa mual dan pusing. Untuk mengatasi kondisi mabuk darat, anda bisa menggunakan obat hyoscine. Hyoscine merupakan obat yang termasuk kedalam golongan obat antikolirgenik. Obat ini dapat memunculkan berbagai efek positif pada tubuh seperti mengurangi sekresi pada cairan, memperlambat perut dan usus, dan menghambat terjadinya pelebaran pada pupil.

Hyoscine adalah obat yang digunakan untuk mengurangi mual, muntah, dan pusing yang berhubungan dengan mabuk darat serta dapat juga digunakan untuk mengurangi pusing dan mual pada masa pemulihan setelah operasi dan anestesi. Obat ini juga sering digunakan dalam pengobatan parkinsonisme, kondisi otot spastik, sindrom iritasi usus, diverticulitis, dan kondisi lainnya. Hyoscine merupakan obat yang hanya bisa diperoleh menggunakan resep dokter. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan. Hyoscine juga merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis hyoscine untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk mual dan muntah : 0,3 - 0,65 mg secara intravena, intramuscular, atau secara subkutan setiap 6 - 8 jam sesuai kebutuhan.
  • Dosis dewasa untuk mabuk darat : 1,5 mg transdermal disc dibelakang telinga setidaknya 4 jam tergantung pada exposure setiap 3 hari sesuai kebutuhan.


Dosis hyoscine untuk anak - anak
  • Usia 1 - 12 tahun : 6 mcg/kg/obat yang diberikan baik secara intravena, intramuscular, maupun subkutan setiap 6 - 8 jam sesuai kebutuhan.
  • Usia diatas 12 tahun : 1,5 mg transdermal disc dibelakang telinga setidaknya 4 jam tergantung pada exposure setiap 3 hari sesuai keperluan.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lain, hyoscine juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat hyoscine. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat hyoscine, yaitu :
  • Penglihatan kabur
  • Sensitif terhadap cahaya matahari
  • Mati rasa dan merasa panas
  • Bengkak pada kelopak mata



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search