Tuesday, January 14, 2020

Tips Untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan

Tips Untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan


Mabuk merupakan suatu kondisi ketika sistem saraf pusat menerima pesan yang bertentangan dari tubuh yang mempengaruhi keseimbangan. Hal tersebut kemudian memicu munculnya rasa pening, pusing, dan mual yang akhirnya menyebabkan seseorang memuntahkan isi perutnya. Mabuk perjalanan bukanlah sesuatu yang membahayakan. Kondisi ini merupakan hal yang sangat sering terjadi dan umumnya terjadi pada anak - anak dan wanita hamil. Meskipun bukan hal yang membahayakan, mabuk perjalanan tentu bukanlah kondisi yang mengenakkan dan perlu untuk segera diatasi atau disembuhkan. Mabuk perjalanan juga bisa disebut sebagai morning sickness atau penyakit yang disebabkan oleh gerakan.

Ketika anda sedang dalam perjalanan menggunakan kendaraan, terdapat sinyal yang dikirim bersamaan oleh mata dan telinga anda. Penjelasan lebih detailnya adalah ketika dalam perjalanan, tubuh anda hanya diam dan duduk di kursi penumpang, sementara kendaraan yang anda tumpangi sedang melaju. Bersamaan dengan itu, mata dan telinga anda juga melihat dan mendengar suasana sekitar. Kemudian, bagi tubuh yang tidak terbiasa dengan hal ini, otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh. Setelah itu, bagian otak yang bernama hipothalamus akan mencari informasi apa yang salah dari tubuh. Setelah mendapatkan kesimpulan dari tubuh anda, otak anda akan bereaksi untuk mengeluarkan racun dari tubuh dengan cara memuntahkannya atau setidaknya mengirimkan reaksi mual dan pusing.

Kondisi mabuk perjalanan juga bisa semakin memburuk jika terdapat bau - bau tajam yang tidak mengenakkan seperti asap rokok maupun pengharum kendaraan. Karena selama dalam perjalanan anda tidak bisa mengelak maupun menghindar dari aroma yang tidak mengenakkan tersebut, maka tubuh akan memunculkan reaksi berupa rasa pusing dan mual. Kondisi jalanan yang tidak rata dan kurangnya kadar oksigen didalam kendaraan juga bisa menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami mabuk perjalanan.


Untuk mengatasi dan mencegah  kondisi mabuk perjalanan, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini, yaitu :

1. Konsumsi makanan sebelum melakukan perjalanan

Mabuk perjalanan sering kali terjadi ketika perut dalam keadaan kosong. Ketika keadaan kosong tersebut, perut akan meningkatkan produksi asam lambuk dan kemudian naik keatas menuju tenggorokan. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan rasa mual. Oleh karena itu, usahakanlah untuk mengkonsumsi makanan setidaknya sekitar 1 sampai 1,5 jam sebelum melakukan perjalanan. Selain itu, anda juga perlu menghindari makanan berminyak, makanan pedas, dan minuman bersoda yang dapat memperparah kondisi mual dan pusing ketika dalam perjalanan.

2. Minumlah obat anti mabuk

Banyak sekali obat anti mabuk perjalanan yang dijual secara bebas dipasaran. Ketika anda mengkonsumsi obat anti mabuk, biasanya obat akan bereaksi dengan menimbulkan rasa kantuk yang dalam. Hal ini akan membuat mata dan telinga anda secara otomatis mengistirahatkan sensornya dan dapat menghindari terjadinya rasa mual dan muntah.

3. Hindari bermain gadget selama perjalanan


Bermain gadget selama perjalanan hanya akan membuat mata, telinga, dan otak anda menjadi kacau dalam mencerna informasi. Kegiatan tersebut hanya akan meningkatkan risiko terjadinya mual dan muntah selama perjalanan. Bila anda merasa lelah dan mengantuk ketika dalam perjalanan, maka beristirahatlah. Anda tidak perlu memaksakan diri anda tetap terjaga, karena hal tersebut justru dapat memperparah kondisi mabuk perjalanan yang anda alami.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search