Tuesday, January 7, 2020

Ketahui Jenis Olahraga Yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Ketahui Jenis Olahraga Yang Aman Untuk Penderita Diabetes


Olahraga merupakan suatu aktivitas yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh supaya tetap prima sepanjang hari. Hal ini karena ketika berolahraga, semua racun yang ada didalam tubuh akan keluar bersama dengan keringat yang dihasilkan. Selain itu, olahraga juga bisa membantu menurunkan berat badan bagi para penderita diabetes. Dengan berolahraga para penderita diabetes diharapkan bisa mengendalikan berat badannya dan kadar gula darah yang ada didalam tubuhnya. Manfaat penting olahraga bagi para penderita diabetes adalah dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga agar kadar gula dalam darah tetap terkendali.

Para penderita diabetes umumnya adalah orang - orang yang juga mengalami obesitas. Sehingga, olahraga sangat diperlukan untuk mengendalikan berat badan mereka. Selain itu, ketika olahraga tubuh juga memerlukan energi ekstra. Hal ini membuat otot pada tubuh menyerap glukosa sehingga membantu menurunkan kadar gula darah. Organisasi kesehatan dunia atau WHO menyarankan waktu aktivitas fisik bagi orang yang berusia 18 - 64 tahun adalah 150 menit per minggu. Oleh karena itu, pasien diabetes diharapkan bisa mengikuti panduan yang diberikan oleh WHO tersebut untuk menjaga tubuh mereka agar tetap bugar serta untuk mengendalikan kadar gula darah didalam tubuh mereka.

Untuk memulai latihan, anda bisa mengawalinya dengan olahraga selama 10 menit tiap sesi. Secara bertahap, anda bisa meningkatkan lamanya waktu latihan hingga 30 menit per sesi.


Berikut ini merupakan beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk para penderita diabetes, yaitu :

1. Jalan cepat

Jalan cepat merupakan aktivitas yang bisa dilakukan oleh semua orang. Aktivitas ini juga dinilai tidak terlalu berat dan aman dilakukan oleh penderita diabetes. Anda bisa menyesuaikan kecepatannya ketika melakukan olahraga ini sebagai bentuk latihan aerobic yang berguna untuk meningkatkan denyut jantung sehingga darah bisa mengalir dengan lancar.

2. Bersepeda

Olahraga bersepeda juga merupakan salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. Selain mudah dilakukan, olahraga ini juga bisa menggerakkan seluruh otot tubuh dan memaksimalkan proses pembakaran lemak yang terjadi. Olahraga bersepeda juga merupakan bentuk latihan aerobic yang bertujuan untuk menguatkan jantung dan meningkatkan fungsi paru - paru. Selain itu, olahraga bersepeda juga bisa meningkatkan aliran darah ke kaki dan membakar kalori untuk menjaga berat badan.

3. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang menggabungkan gerakan tubuh yang bertujuan untuk membangun kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan. Olahraga ini diketahui dapat membantu pasien diabetes untuk mengurangi stress, memperbaiki fungsi saraf, melawan resistensi insulin, dan berbagai manfaat lainnya.

4. Taichi


Taichi merupakan jenis olahraga yang berupa serangkaian gerakan tubuh yang lambat dan halus yang bertujuan untuk menenangkan tubuh dan fikiran. Olahraga ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan mental, mengendalikan kadar gula darah, serta dapat mengurangi kerusakan saraf akibat komplikasi diabetes.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search