Tuesday, January 14, 2020

Tips Membebaskan Diri Dari Gangguan Kecemasan

Tips Membebaskan Diri Dari Gangguan Kecemasan


Pernahkah anda mengalami atau merasakan rasa cemas yang berlebihan pada suatu hal? Misalnya, ketika anda akan bepergian, anda sangat khawatir tentang keselamatan rumah anda, keselamatan di perjalanan, dan berbagai hal yang sangat mengganggu pikiran anda. Jika anda pernah mengalaminya, bisa jadi anda sedang mengalami gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan atau anxiety disorder termasuk kedalam kategori gangguan mental, sehingga kondisi ini snagat berbeda dengan perasaan cemas biasa. Orang yang mengalami gangguan kecemasan akan merasa sangat khawatir terhadap berbagai hal, bahkan ketika dirinya sedang berada dalam situasi normal. Dalam kasus yang parah, gangguan kecemasan juga bisa mengganggu aktivitasnya sehari - hari.

Mengacu pada pedoman penggolongan diagnosis gangguan jiwa di Indonesia, seseorang bisa disebut mengalami gangguan kecemasan jika :
  • Sulit berkonsentrasi
  • Selalu merasa gelisah
  • Sakit kepala
  • Gemetar
  • Berkeringat
  • Jantung berdebar - debar
  • Nyeri lambung
  • Mulut kering

Sebenarnya, ada banyak sekali cara untuk mengatasi gangguan kecemasan, mulai dari pengobatan medis hingga pengobatan non medis. Tidak hanya itu, kondisi gangguan kecemasan juga biasa diatasi dengan pendekatan psikologis. Dalam kondisi ringan, gangguan kecemasan masih bisa diatasi dengan pengobatan non medis. Tetapi, bila sudah semakin parah, anda mungkin memerlukan pengobatan medis berupa mengkonsumsi obat - obatan maupun pendekatan psikologis dengan cara mendatangi psikiater.


Berikut ini merupakan beberapa cara atau tips yang bisa anda lakukan untuk membebaskan diri dari gangguan kecemasan, yaitu :

1. Mengkonsumsi obat - obatan

Jika kondisi gangguan kecemasan yang anda alami sudah termasuk kategori parah, maka anda memerlukan penanganan medis untuk mengatasinya. Untuk mengatasi gangguan kecemasan, dokter biasanya akan meresepkan obat antidepresan seperti escitalopram, fluoxetine, dan beberapa jenis obat yang sering digunakan untuk mengatasi penyakit epilepsi. Selain itu, dokter mungkin juga akan merekomendasikan obat antipsikotik berdosis rendah untuk membantu mengatasi gangguan kecemasan. Dokter mungkin akan meresepkan alprazolam dan clonazepam sebagai obat tambahan untuk menurunkan tingkat kegelisahan.


2. Terapi

Kondisi gangguan kecemasan juga bisa diatas dengan cara terapi. Ada dua jenis terapi yang biasa digunakan untuk mengatasi kondisi gangguan kecemasan, yaitu :
  • Terapi psikologis. Terapi psikologis atau yang lebih dikenal dengan psikoterapi merupakan cara mengatasi gangguan kecemasan melalui kegiatan diskusi antara pasien dengan pakar kesehatan jiwa. Dengan terapi ini, anda akan diajak untuk mencari penyebab, pemicu, dan cara untuk mengatasi masalah kejiwaan yang sedang anda alami.
  • Terapi perilaku. Pendekatan terapi yang biasa dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan selain terapi psikologis adalah terapi perilaku. Melalui metode terapi perilaku, konselor akan membantu mengenali dan mengubah pola perilaku yang bisa memicu gangguan kecemasan.

3. Ikut kelompok berbagi


Terkadang, penderita gangguan kecemasan tidak bisa atau sulit menerima saran dari orang lain. Hal ini karena didalam pikiran seseorang yang mengalami gangguan kecemasan, mereka berfikir bahwa orang lain tidak mengerti hal yang mereka alami. Sehingga, diperlukan orang yang mengalami kondisi yang sama untuk saling berbagi saran dan pengalaman. Jika anda mengalami hal tersebut, anda bisa bergabung dengan kelompok atau komunitas orang - orang yang mengalami gangguan kecemasan, baik yang ada di dunia nyata maupun yang ada di internet. Dengan cara tersebut, anda tidak lagi merasa sendirian karena dipertemukan dengan orang yang memiliki masalah serupa. Biasanya, dalam grup tersebut juga ada pakar kesehatan jiwa yang senantiasa mendampingi dan memberikan pengarahan kepada orang - orang yang mengalami gangguan kecemasan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search