Tuesday, January 7, 2020

Tips Merawat Orang dengan HIV/AIDS

Tips Merawat Orang dengan HIV/AIDS



Merawat orang dengan HIV/AIDS memang membutuhkan perhatian ekstra. Perhatian ekstra bukan berarti mengambil alih segala hal. Jika memang ODHA bisa mengerjakan kegiatan sehari-hari dengan baik, maka percayakan pada diri mereka sendiri. Hal ini untuk membantu ODHA untuk percaya dengan kemampuannya, membuatnya tetap berarti meski dalam kondisi sakit, sehingga ODHA tidak merasa terkucilkan akibat penyakit yang dideritanya.

Sebagai orang yang bertugas merawat/membantu ODHA melalui hari-harinya dengan baik, kamu perlu membantu seperlunya terkait hal-hal yang bisa ditangani sendiri. Libatkan ODHA dalam berdiskusi dan membicarakan hal-hal yang ia butuhkan agar mereka bisa mengutarakan pendapatnya.

Perubahan kesehatan akibat HIV/AIDS menimbulkan dampak besar dalam kehidupan. Jika ODHA terlihat tidak mampu menanganinya, ia akan rentan stres dan hal ini memperburuk kondisinya.

Berikut ini adalah tips untuk merawat ODHA yang bisa kamu lakukan, agar kamu bisa fokus membantu merawat sekaligus tetap terjaga dari infeksi virus tersebut.

1.    Pelajari seluk beluk tentang HIV/AIDS

Inilah langkah awal yang krusial. Bagaimanapun sebagai perawat ODHA, kamu perlu mempelajari tentang penyakit HIV/ AIDS. Bukan hanya hal itu bisa membantu menjaga kesehatan ODHA, namun juga untuk mengatasi ketakutan terkait penyakit ini
Di samping itu agar bisa membedakan mana fakta dan mitos terkait HIV/AIDS.

2.    Buat ODHA merasa nyaman dengan kondisinya

Terkadang ODHA merasa malu untuk meminta tolong. Misalnya, saat mereka perlu ke kamar mandi. Kamu perlu membantu dengan sigap menyediakan kebutuhan mereka, agar mudah didapat dalam jangkauan. Misalnya, meletakkan handuk, tisu, atau peralatan mandi yang mudah dijangkau.

Sesekali temani mereka berbincang santai. Tak perlu membahas tentang penyakit mereka jika mereka tidak nyaman membicarakannya. Jadilah pendengar yang baik untuk topik yang membuat mereka nyaman.

3.    Jaga diri dari potensi terkena HIV/AIDS

Bagi ODHA kondisi mereka sangat rentan dengan kuman atau virus yang bisa membuat daya tahan tubuhnya melemah. Pastikan kamu sendiri dalam kondisi sehat, memiliki vaksinasi yang lengkap, serta jaga kebersihan dan kesterilan yang ada.

Jika ada pihak yang berkunjung untuk menjenguk, pastikan mereka sedang dalam kondisi sehat.

Jaga suasana kamar steril dan bersih. Cuci tangan sesering mungkin. Jika membersihkan cairan tubuh atau kotoran dari ODHA, kamu perlu memakai sarung tangan agar tidak terkena kontak langsung.  Selain itu jangan memakai barang-barang pribadi secara bergantian.

4.    Upayakan agar ODHA Sehat secara Fisik dan Mental

Kamu perlu menjaga kesehatan ODHA dengan memberikan makanan yang bergizi dengan kecukupan vitamin, mineral, serat, dan cairan. Pilih makanan yang sehat yang bisa mengoptimalkan daya tubuh ODHA.

Cuci bersih makanan, masak daging atau ayam hingga matang, dan jangan memberikan makanan mentah atau setengah matang. Bersihkan selalu alat masak, alat makan, dan meja tempat ODHA makan.

Selain itu kamu juga perlu membantu ODHA agar bisa memperoleh kesehatan fisik dan mental. Caranya dengan mengajak mereka bangun dari tempat tidur, berjalan-jalan ke luar menikmati udara segar, melakukan relaksasi, serta olah raga ringan, agar tubuh tidak terasa kaku dan lemah.

5.    Bantu ODHA mengerjakan pekerjaannya

Pengobatan yang dilakukan ODHA mungkin memberikan efek samping. Kamu harus memahami bahwa tak mudah bagi ODHA untuk bersemangat menjalani hari-hari yang mungkin menyakitkan. Jika demikian, kamu perlu membantu mereka untuk mengerjakan beberapa aktivitas yang mereka butuhkan.

6.    Kamu pun perlu istirahat dan relaksasi 


Membantu orang lain bukan berarti melupakan tanggung jawab untuk diri sendiri. Kamu juga membutuhkan waktu untuk me-time. Lakukan istirahat yang cukup, makanan yang sehat, olahraga, dan relaksasi untuk mengembalikan energi setelah merawat ODHA.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search