Tuesday, January 7, 2020

Tips Tetap Sehat Dan Bebas Stress Selama Libur Panjang

Tips Tetap Sehat Dan Bebas Stress Selama Libur Panjang


Liburan akhir tahun telah tiba. Sudahkah anda merencanakan kegiatan yang akan anda lakukan selama liburan panjang tahun ini ? Liburan merupakan momen yang sangat ditunggu oleh semua kalangan, baik pelajar, mahasiswa, maupun para pekerja. Pada momen liburan akhir tahun, sebagian besar orang biasanya menghabiskan waktu liburan mereka dengan berwisata keluar kota ataupun dengan mengunjungi sanak saudara dikampung halaman. Tetapi, ada sebagian orang yang tidak pergi kemana - mana selama liburan panjang akhir tahun kali ini. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kondisi keuangan, tidak punya sanak saudara dan keluarga, maupun jumlah hari libur yang lebih sedikit dari orang pada umumnya.

Terlepas dari berbagai masalah maupun kendala yang membuat seseorang tidak memiliki aktivitas selama liburan panjang, hal tersebut ternyata bisa membuat seseorang menjadi rentan stress. Hal ini karena orang tersebut tidak bisa mengistirahatkan jiwa dan fikirannya dari rutinitas sehari - hari. Padahal, jiwa dan fikiran kita juga perlu istirahat sejenak supaya tubuh kita tetap sehat dan bugar. Bagi anda yang tidak memiliki agenda kemanapun selama liburan, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut. 


Karena, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tips tetap sehat dan bebas stress selama libur panjang, yaitu :

1. Mengkonsumsi cukup air

Air merupakan unsur terpenting dalam kehidupan. Air mengandung berbagai senyawa yang sangat dibutuhkan tubuh terutama oksigen. Jika seseorang memiliki kadar oksigen yang cukup didalam tubuhnya, maka kesehatan mental dan kesehatan fisik orang tersebut akan senantiasa terjaga sepanjang hari. Jika anda kurang minum, anda bisa megalami dehidrasi atau kekurangan cairan yang bisa membuat tubuh anda terasa lemas dan berbagai gejala lainnya seperti bibir kering, maupun sakit kepala yang dapat mengganggu aktivitas.

2. Menjaga pola makan sehat

Selama liburan, terkadang kita menjadi lupa diri ketika makan. Ada orang yang makan lebih banyak dari biasanya, tetapi ada pula orang yang justru menjadi jarang makan karena menghabiskan waktu untuk tidur seharian dikamar. Hal ini tentu bukanlah hal yang baik, karena dapat mengganggu kesehatan dan bisa memunculkan berbagai gangguan kesehatan. Jadi, meskipun sedang libur panjang, anda juga perlu menjaga kebutuhan gizi anda supaya tetap tercukupi. Anda bisa mengkonsumsi berbagai makanan sehat seperti buah, sayur, dan beberapa jenis kacang - kacangan. Selain itu, kurangi memesan makanan cepat saji karena bisa menimbulkan terjadinya penumpukan kolesterol.

3. Cukup tidur

Tidur yang berkualitas bukanlah tidur yang dilakukan dalam waktu lama, tetapi tidur yang membuat seseorang menjadi segar dan bersemangat ketika bangun. Seringkali ketika liburan panjang, seseorang tidak menjaga pola tidurnya dengan baik seperti tidur larut malam, maupun tidur terlalu lama. Hal ini justru membuat tubuh menjadi tidak fit ketika pagi harinya. Anda disarankan untuk tidur 8 jam sehari untuk mendapatkan manfaat yang optimal dan jangan lupa ciptakan suasana yang dapat membuat anda rileks ketika tidur.

4. Melakukan hobi


Jika anda tidak pergi kemana - mana ketika liburan panjang, anda bisa melakukan hal yang anda sukai untuk menghindari stress. Jika anda suka berolahraga, anda bisa mencoba berbagai macam tantangan untuk mencapai tingkat kebugaran tertentu yang bisa anda raih selama liburan. Jika anda suka makan, anda bisa melakukan wisata kuliner ketempat - tempat makan yang ada di kota anda. Anda bisa mencicipi berbagai jenis hidangan baru sekaligus bisa menghilangkan stress jika dibandingkan dengan tinggal dirumah selama liburan.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search